Senin, Desember 10, 2018
Beranda > Kesehatan > FKPS Gelar Lomba Zero AKI dan AKB dan Lomba Pangan Sehat

FKPS Gelar Lomba Zero AKI dan AKB dan Lomba Pangan Sehat

Reporter : Mujiono
SUKAPURA – Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menyelenggarakan kegiatan Bromo Go Healthy and Clean 2018, Rabu – Kamis (25-26/7/2018) di kawasan Bromo Tengger, Kecamatan Sukapura.

Lomba Zero AKI dan AKB serta lomba pangan sehat merupakan salah satu rangkaian pendukung Bromo Go Healthy and Clean yang dilaksanakan Rabu (25/7/2018) dibuka secara resmi oleh Camat Sukapura didampingi tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Supoyo.

Bromo Go Healthy and Clean 2018 dimeriahkan dengan kegiatan Sapu Gunung, Hand Hygiene and Basic Life Support Dance, Lomba Pangan Sehat, Lomba Zero AKI AKB, Donor Darah dan Ecobrick di support langsung oleh Paiton Energy dan POMI.

FKPS bersinergi dengan FKKS turut berjuang ingin mengatasi permasalahan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Balita (AKB) serta mengatasi permasalahan pernikahan anak di usia sangat muda.

Camat Sukapura Yulius Christian menyampaikan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat tengger Kecamatan Sukapura. Dengan terselenggaranya acara ini pula dapat mendukung dan memotivasi masyarakat Sukapura menjadi masyarakat  sehat dan sejahtera.

Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah menjelaskan, kegiatan Lomba Zero AKI dan AKB maupun Lomba Pangan Sehat ini sangat penting. Tujuannya adalah meningkatkan peran serta masyarakat terutama Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) untuk berinovasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar Sukapura menjadi destinasi wisata yang indah, bersih dan sehat.

“FKPS menggelar kegiatan Bromo Go Healthy and Clean yang berbentuk inovasi kesehatan, agar masyarakat mampu memotivasi dirinya sendiri menjadi masyarakat yang sehat, bersih, berintegritas dan bermartabat,” terang dr. Mirrah Samiyah.

Pada kesempatan itu dilaksanakan  penandatanganan komitmen bersama untuk berperan aktif dalam mewujudkan Zero AKI dan AKB di Kecamatan Sukapura. Komitmen tersebut adalah mempersiapkan kehamilan sehat bagi pasangan usia subur di mulai dari remaja, berperan aktif dalam mencegah keterlambatan mengambil keputusan, keterlambatan sampai ditempat pelayanan dan keterlambatan mendapat pertolongan yang adekuat. Selain itu, juga mendukung perencanaan persalinan aman dan pencegahan komplikasi untuk mengawal keselamatan ibu dan bayi.

Para pemenang lomba AKI dan AKB serta Lomba pangan sehat nantinya akan memperoleh penghargaan yang akan diserahkan pada acara Bromo Go Healthy and Clean pada hari Kamis (26/7/2018)  di Rest Area Cemoro Lawang Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura. (y0n)