Kamis, Mei 24, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > DWP-GOPTKI Ajak Orang Tua Siapkan Generasi Mandiri dan Trampil

DWP-GOPTKI Ajak Orang Tua Siapkan Generasi Mandiri dan Trampil

Reporter : Mujiono
KRAKSAAN – Dharma Wanita Persatuan (DWP) bersinergi dengan Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Probolinggo mengadakan seminar dengan tema Peran Orang Tua Mempersiapkan Generasi Mandiri dan Trampil Dalam Meraih Mimpi di auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Selasa (5/12/2017).

Seminar yang dibuka oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Muh. Happy ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko didampingi oleh Ketua DWP Kabupaten Probolinggo Ny. Sudjilawati Soeparwiyono serta Ketua Harian K3S Kabupaten Probolinggo Hj. Yuni Nawi.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari Ketua DWP Organisasi Perangkat Daerah (OPD), IGTKI Kabupaten Probolinggo, para Guru TK, DWP Kecamatan, TP. PKK Kecamatan dan para pelajar SMA.

Sebagai narasumber hadir Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Produktifitas pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo Priharjoto Lestari dan Kabag Binops Ditbinmas Polda Jatim Dr. Dody Eko Wijayanto.

Dalam sambutannya Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Muh. Happy menjelaskan bahwa menjadi orang tua haruslah memiliki peran yang penting bagi anak-anak. Memberikan pendidikan di dalam keluarga itu salah satu pendidikan yang utama. Orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik dalam hal ketauladanan di kehidupan sehari-hari.

“Dengan intelektual yang tinggi di zaman sekarang ini haruslah didampingi dengan perilaku dan akhlak yang baik. Sebagai orang tua harus menyelamatkan anak-anak kita dan dasarilah dengan ilmu dan iman. Sebab dengan iman dan ilmu nantinya akan merubah derajat anak-anak kita,” ungkapnya.

Dr. Dody Eko Wijayanto dari Kabag Binops Ditbinmas Polda Jatim menyatakan perlu adanya sinergitas antara guru dan murid untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas dan mencetak generasi muda yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Jadilah seorang guru dan pelajar yang serius. Peran guru di sekolah dan peran orang tua di rumah selalu bersinergi yakni saling menjaga dan mengarahkan generasi muda dengan baik agar supaya tidak mudah terpengaruh negatif oleh kemajuan jaman era digital,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan penghargaan kepada pengurus PKK berprestasi dalam Lomba Daur Ulang Pokja III. Yakni, juara 1 dirah TP PKK Desa Bago Kecamatan Besuk, juara 2 diraih TP PKK Desa Sumber Kedawung Kecamatan Leces dan juara 3 diraih TP PKK Desa Kregenan Kecamatan Kraksaan. Para pemenang mendapat piala dan uang pembinaan.

Sementara untuk pemenang Lomba Monitoring Kelembagaan, juara 1 diraih oleh TP PKK Kecamatan Bantaran, juara 2 diraih oleh TP. PKK Kecamatan Sukapura dan juara 3 diraih oleh TP. PKK Kecamatan Paiton. Para pemenang mendapat piala dan cincin.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko didampingi oleh Ketua DWP Kabupaten Probolinggo Ny. Sudjilawati Soeparwiyono. (y0n)