Sabtu, April 21, 2018
Beranda > Kesehatan > DPPKB Bina Petugas PPKBD dan Koordinator Sub PPKBD

DPPKB Bina Petugas PPKBD dan Koordinator Sub PPKBD

Reporter : Mujiono
DRINGU – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo, Jum’at (9/3/2018) memberikan pembinaan bagi Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD dalam evaluasi pencapaian akseptor KB baru dan penyampaian tupoksi PPKBD di ruang pertemuan Balai Sejahtera Kecamatan Dringu.

Kegiatan ini diikuti oleh14 orang PPKBD dan 14 orang Kooradinator Sub PPKBD. Dimana tiap desa diwakili oleh 1 orang peserta. Kegiatan ini dimaksudkan melakukan evaluasi pencapaian akseptor KB baru dan penyampaian tupoksi PPKBD di tiap-tiap desa se-Kecamatan Dringu.

Kasi Pengendalian Penduduk dan Keluarga DPPKB Kabupaten Probolinggo Nur Hidayati menyampaikan bahwa evaluasi pencapaian akseptor KB baru dan penyampaian tupoksi PPKBD sangatlah penting untuk menunjang capaian program KB, baik mekanisme kerja dalam penggarapan program dan prosedur kerja dalam melaksanakan berbagai kegiatan operasional ditingkat lini lapangan.

Sementara Koordinator PLKB Kecamatan Dringu Wiwin Iswinarni menyampaikan dalam penggarapan program harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. “Sebab secara sistematis akan memberikan sumbangan yang sangat besar terhadap keberhasilan pelaksanaan operasional program Kependudukan dan KB ditingkat lini lapangan,” katanya.

Sedangkan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan DPPKB Kabupaten Probolinggo Herman Hidayat menjelaskan bahwa para Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) PPKBD dan Koordinator Sub PPKBD mampu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan program KB. “Hal itu dilakukan sebagai wadah peran serta masyarakat sekaligus sebagai mitra petugas lapangan melalui pembentukan kelompok IMP di tingkat desa,” ungkapnya. (y0n)