Kamis, Februari 21, 2019
Beranda > Pendidikan > Dispersip Mulai Program Dolanan

Dispersip Mulai Program Dolanan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN
– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo didukung oleh pegiat literasi yang tergabung dalam Dulur Literasi memulai program Dongeng Keliling Anak-Anak (Dolanan) tahun 2019 di SD Namira Kraksaan, Selasa (29/1/2019). Kegiatan perdana ini diikuti oleh 130 siswa dan 60 wali murid.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Wiwit Suryaningsih mengatakan budaya baca masyarakat Indonesia hanya digunakan untuk bersosial media mulai dari mengobrol atau hanya sekedar update status tanpa berupaya menambah ilmu dari literatur yang jelas.

“Kegiatan Dolanan ini salah satu upaya gerakan literasi. Harapannya bisa berdampak positif dalam mengubah kebiasaan seseorang yang tadinya lebih cenderung bertutur menjadi generasi pembaca,” katanya.

Menurut Wiwit, sasaran dari program Dolanan ini adalah tempat keramaian. Seperti tempat wisata, sekolah maupun desa yang kurang tingkat literasinya. Program ini juga sebagai penyeimbang penggunaan media sosial masyarakat, terutama yang dilakukan oleh anak-anak.

“Tidak dapat dipungkiri, hadirnya teknologi informasi berdampak pada gemarnya masyarakat bersosial media. Bahkan Indonesia berada di peringkat keenam pengguna internet terbesar di dunia, walaupun literasi rendah,” terangnya.

Wiwit menerangkan, kegiatan dari program Dolanan ini tidak hanya berupa dongeng saja, namun ada beberapa kegiatan pendukung. “Seperti sains anak, mengenal binatang, belajar menggambar maupun kegiatan parenting. Semuanya dilakukan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki anggota Dulur Literasi,” tegasnya.

Ke depan, program Dolanan ini akan dilaksanakan setiap sebulan sekali. “Jika minat baca semakin tinggi, maka kunjungan ke perpustakaan juga akan semakin meningkat,” pungkasnya. (wan)