Senin, Oktober 15, 2018
Beranda > Pendidikan > Dispendik Gelar Seleksi FLS2N SMP

Dispendik Gelar Seleksi FLS2N SMP

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Kamis (3/5/2018) menggelar seleksi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Probolinggo di Aula Bin Hasan SMP Hati Billingual Boarding School (BBS) Kraksaan.

FLS2N SMP ini mengambil tema Kecintaan Terhadap Seni dan Budaya Bangsa Menguatkan Karakter, Menggugah Daya Cipta serta Membentuk Kelembutan Hati. Seleksi FLS2N SMP ini terbagi dalam 5 (lima) cabang lomba meliputi Lomba Festival Kreativitas Tari, Lomba Kreativitas Musik Tradisional, Lomba Gitar Solo, Lomba Menyanyi Solo dan Lomba Desain Poster.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa SMP yang merupakan juara 1 dari hasil seleksi tingkat kecamatan. Terdiri dari Lomba Festival Kreativitas Tari sebanyak 6 lembaga, Lomba Kreativitas Musik Tradisional sebanyak 3 lembaga, Lomba Gitar Solo sebanyak 3 orang, Lomba Menyanyi Solo sebanyak 15 orang dan Lomba Desain Poster sebanyak 8 orang.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Sunalis mengatakan seleksi FLS2N SMP ini bertujuan memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa dan guru pembina dalam pelestarian seni dan budaya.

“Menggali dan melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia yang terbesar di 34 Provinsi di seluruh wilayah NKRI serta membina dan meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap nilai-nilai seni dan budaya dalam upaya peregenerasian pecinta seni dan budaya yang berakar pada budaya bangsa,” katanya.

Menurut Sunalis, kegiatan ini merupakan sebuah wadah mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa yang berwawasan global. “Sekaligus memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dalam berbakat di bidang seni, ” tegasnya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Priyo Siswoyo mengungkapkan bahwa FLS2N ini merupakan kegiatan sebagai ajang menggali budaya yang ada di Kabupaten Probolinggo. “Disamping itu menjalin persaudaraan antar sesama siswa SMO sehingga terbetuk karakter yang baik, ” katanya.

Kepada juara nantinya Priyo meminta agar lebih mempersiapkan diri untuk seleksi di tingkat Provinsi Jawa Timur pada Juni hingga Juli 2018 mendatang. Untuk tingkat Provinsi Jawa Timur nanti akan disampaikan pada technical meeting di Surabaya pada 8 Mei 2018 mendatang. Bagi juara 2 dan 3 yang tidak terkirim ke tingkat Jawa Timur agar bisa berlatih lebih giat lagi, karena kesempatan ke depan masih sangat terbuka.

“Sebagai bahan evaluasi, kepala sekolah untuk memberikan pemahaman kepada sekolah betapa pentingnya pendidikan karakter baik melalui seni, olahraga maupun sosial,” terangnya.

Priyo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada sekolah, pelajar, pelatih, pembina pegiat seni dan MGMP seni budaya serta SMP Hati BBS Kraksaan. “Semoga FLS2N ini mampu mengangkat bakat seni serta kreativitas yang dimiliki oleh siswa sehingga mampu menumbuhkembangkannya agar lebih berkreasi,” harapnya.

Setelah melalui tahap penilaian dari beberapa dewan juri, untuk Lomba Festival Kreativitas Tari, juara 1 diraih SMPN 1 Sumberasih, juara 2 diraih SMPN 1 Lumbang, juara 3 diraih SMPN 1 Pajarakan, juara harapan 1 diraih SMPN 1 Bantaran, juara harapan 2 diraih SMP HATI BBS Kraksaan dan juara harapan 3 diraih SMP Zaha Genggong.

Lomba Kreativitas Musik Tradisional, juara 1 diraih SMPN 1 Sumberasih, juara 2 diraih SMPN 1 Lumbang dan juara 3 diraih SMP HATI BBS Kraksaan. Lomba Gitar Solo, juara 1 diraih SMP Taruna Leces, juara 2 diraih SMPN 3 Gading dan juara 3 diraih SMPN 1 Wonomerto

Untuk Lomba Menyanyi Solo, juara 1 diraih SMPN 1 Kraksaan, juara 2 diraih SMPN 1 Kotaanyar dan juara 3 diraih SMPN 1 Lumbang. Serta Lomba Desain Poster, juara 1 diraih SMPN 1 Krucil, juara 2 diraih SMPN 1 Leces dan juara 3 diraih SMP Taruna Leces. (wan)