Rabu, November 21, 2018
Beranda > Pendidikan > Dispendik Gelar Pemilihan Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi

Dispendik Gelar Pemilihan Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar seleksi pemilihan guru dan kepala sekolah berprestasi tingkat Kabupaten Probolinggo Tahun 2018 untuk jenjang PAUD Non Formal (KB, TPA dan SPS), PAUD Formal (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Jumat (2/11/2018), para nominasi pemilihan guru dan kepala sekolah berprestasi tingkat PAUD Non Formal, PAUD Formal, SD dan SMP dikumpulkan di aula Dispendik Kabupaten Probolinggo untuk mendengarkan penetapan sekaligus penyerahan hadiah oleh Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina mengungkapkan pemilihan guru dan kepala sekolah berprestasi dan berdedikasi tinggi ini tujuannya untuk memotivasi kinerja guru, tidak hanya sekedar kinerja akademik tetapi berdedikasi dan berintegritas.

Walaupun tujuannya juga untuk mempersiapkan para guru dan kepala sekolah berprestasi ini maju ke Tingkat Provinsi Jawa Timur. Intinya ingin memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensi dan kinerjanya, yang pada akhirnya meningkatkan prestasi anak didik, ungkapnya.

Menurut Dewi, pemilihan guru dan kepala sekolah berprestasi ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah di Kabupaten Probolinggo. Peningkatan kompetensi ini diharapkan akan berdampak positif terhadap karier guru dan mutu pendidikan.

Nantinya para juara 1 dan 2 untuk pemilihan guru dan kepala sekolah berprestasi ini akan dipersiapkan ke tingkat Provinsi Jawa Timur pada tahun 2019. Jangka waktu setahun ini akan dimanfaatkan untuk membekali guru dan kepala sekolah, ada semacam pembinaan-pembinaan yang akan diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, terangnya.

Dewi menambahkan, tahun ini wakil Kabupaten Probolinggo atas nama A’irin Nur Widyastuty guru SMPN 1 Kraksaan mampu meraih juara 2 tingkat nasional untuk jenjang SMP. Diharapkan tahun depan bisa semakin meningkat.

Dengan gurunya berprestasi, maka layanan publik pendidikan akan semakin meningkat. Karena akan memotivasi dan menjadi teladan bagi kepala sekolah dan guru-guru yang lain, pungkasnya.

Sementara Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD dan PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Fitri Nur Shanti mengatakan pemilihan guru dan kepala sekolah berprestasi ini sangat bermanfaat dalam memotivasi guru untuk meningkatkan kinerja, disiplin, dedikasi dan loyalitasnya demi tercapainya tujuan pendidikan yang semakin berkualitas.

Selain itu, meningkatkan harkat, martabat, citra dan profesionalisme guru, menumbuhkan kreatifitas dan inovasi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, menjalin antar guru untuk saling tukar pengalaman dalam mendidik siswa serta memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa melalui jalur pendidikan, katanya.

Menurut Fitri, seleksi pemilihan guru dan kepala sekolah berprestasi ini diikuti oleh semua perwakilan kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Dimana masing-masing kecamatan minimal mengirimkan 8 (delapan) orang wakilnya untuk guru dan kepala sekolah jenjang PAUD Non Formal, PAUD Formal, SD dan SMP. Selanjutnya mereka mengikuti seleksi tahap I berupa seleksi administrasi. Dari seleksi I ini akhirnya terpilih masing-masing 5 (lima) nominasi untuk masing-masing jenjang untuk mengikuti penilaian seleksi tahap II.

Aspek penilaian untuk guru berprestasi meliputi kinerja guru, kompetensi dan wawasan pendidikan. Sementara aspek penilaian untuk kepala sekolah berprestasi terdiri dari kompetensi kepala sekolah, etos kerja kepala sekolah dan karakter mulia. Mereka dinilai oleh tim juri yang terdiri dari penilik, pengawas, guru dan kepala sekolah berprestasi, Himpaudi dan IGTKI, pungkasnya.

Berdasarkan Keputusan Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Nomor 421.1/785/426.101/2018 tanggal 31 Oktober 2018 Tentang Penetapan dan Pemberian Hadiah Pemilihan Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2018 , maka juara 1 Guru PAUD Non Formal diraih Lutfiati Aulia dari KB Aisyiyah Ceria Kecamatan Leces, juara 1 Kepala Sekolah PAUD Non Formal diraih Ruqayyah dari KB Cerdas Mulia Kecamatan Paiton, juara 1 Guru PAUD Formal diraih Winarti dari TK Negeri Pembina Kecamatan Dringu dan juara 1 Kepala Sekolah PAUD Formal diraih Suwandi dari TK Negeri Pembina I Kecamatan Kraksaan.

Selanjutnya untuk juara 1 Guru SD diraih Suci Salfiyani dari SDN Patalan I Kecamatan Wonomerto, juara 1 Kepala SD diraih Yuni Sriandayani dari SDN Krucil 1 Kecamatan Krucil, juara 1 Guru SMP diraih Tomi Nurharini dari SMPN 1 Pajarakan dan juara 1 Kepala SMP diraih Arif Syamsul Hadi dari SMPN 1 Pajarakan. (wan)