Jumat, Januari 18, 2019
Beranda > Pendidikan > Dispendik Apresiasi Peraih Nilai Tertinggi UN Tingkat SMP

Dispendik Apresiasi Peraih Nilai Tertinggi UN Tingkat SMP

Reporter : Syamsul Akbar
Senin 31 Juli 2017

KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Senin (31/7/2017) pagi memberikan apresiasi bagi siswa dengan nilai tertinggi dan peringkat Ujian Nasional (UN) Tingkat SMP/SMPLB dan Paket B Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017.

Apresiasi ini diberikan dalam bentuk pemberian uang pembinaan dan piagam penghargaan bagi siswa dengan nilai tertinggi UN tingkat SMP/SMPLB dan Paket B. Dimana masing-masing kategori diambil 3 (tiga) terbaik.

“Pemberian apresiasi ini dimaksudkan untuk memberikan semangat dan motivasi baik kepada dirinya sendiri maupun yang lain agar lebih bersemangat dan meningkat terhadap pendidikan sehingga secara tidak langsung mampu meningkatkan IPM Kabupaten Probolinggo dari sektor pendidikan, “kata Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP Priyo Siswoyo.

Untuk kategori SMP, terbaik I dengan nilai 370,5 diraih Auliya Ainun Istiharoh dari SMP Taruna Dra Zulaeha, terbaik II dengan nilai 366,5 diraih Annisa Priyadna Putri dari SMPN 1 Kraksaan dan terbaik III dengan nilai 364,5 diraih Robiatul Adawiyah dari SMP Islam Miftahul Ulum.

Kategori SMPLB, terbaik I dengan nilai 317 diraih Yasin Abdullah dari SMPLB Negeri Gending, terbaik II dengan nilai 307,5 diraih Wahyuni Kamilah Husnah dari SMPLB Raudlatul Jannah dan terbaik III dengan nilai 300,5 diraih Yusril Nurul Hakiki dari SMPLB Dharma Asih.

Sementara untuk kategori Paket B, terbaik I dengan nilai 463 diraih Febri Yanti dari PKBM Kartini, terbaik II dengan nilai 455 diraih Agus Purwanto dari PKBM Kartini dan terbaik III dengan nilai 453 diraih Agus Ilyas dari PKBM Kartini.

“Dengan pemberian apresiasi ini diharapkan nantinya bisa memberikan motivasi dan semangat kepada peserta didik dan sekolah yang nantinya juga akan mengikuti Ujian Nasional. Setidaknya mereka bisa meningkatkan semangat belajarnya, “tegasnya.

Menurut Priyo, apresiasi ini diberikan kepada peserta didik yang sudah 3 (tiga) tahun melaksanakan pendidikan di jenjang SMP/SMPLB dan Paket B. Terlebih untuk mengukur kemampuan dan standart pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yang mengatur tentang standart Ujian Nasional (UN). Terlebih tahun ini ada Ujian Nasional Pakai Kertas (UNPK) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Alhamdulillah. UNPK dan UNBK ini memang yang ditunggu informasinya. Hal ini diperkuat dengan didapatkannya SKHUN (Surat Kolektif Hasil Ujian Nasional) dan diperoleh hasil dari tertinggi nilai rata-rata nasional,” pungkasnya.(wan)