Sabtu, April 21, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Disnaker Berikan Pelatihan Pembuatan Aneka Kue

Disnaker Berikan Pelatihan Pembuatan Aneka Kue

Reporter : Syamsul Akbar
BANYUANYAR – Sebagai upaya pembinaan dan pelatihan ketrampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan ketrampilan pembuatan aneka kue di kediaman Ubaidillah Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar.

Pelatihan yang akan dilaksanakan selama 30 hari atau 240 jam ini dibuka secara resmi oleh Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono didampingi Camat Banyuanyar Didik Abdul Rohim, Senin (12/3/2018).

Kegiatan ini diikuti oleh 16 orang peserta dengan membentuk kelompok untuk mendapatkan teknik-teknik pembuatan aneka kue dari instruktur ICCA dari Kabupaten Lumajang.

Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Probolinggo Priharjoto Lestari mengungkapkan pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan wirausaha baru sehingga mampu mengurangi angka pengangguran.

“Melalui pelatihan ini kami mengharapkan agar nantinya benar-benar mampu mencetak wirausaha baru. Sehingga nantinya bisa meningkatkan jumlah wirausaha baru dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Sementara Camat Banyuanyar Didik Abdul Rohim menyampaikan ilmu itu sangat penting untuk dimiliki, sehingga harus bersyukur bisa terpilih menjadi salah satu peserta untuk mendapatkan ilmu pembuatan aneka kue. Tidak semua orang bisa membuat aneka kue ini.

“Kelihatannya membuat kue itu gampang, tetapi jangan coba-coba jika tidak memiliki ilmu. Niatnya mau membuat kroket bisa jadi kue lumpur kalau ilmunya tidak dikuasai. Pelatihan ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian dari Pemkab Probolinggo sehingga warga masyarakat bisa diberdyakan dengan beragam ilmu pembuatan aneka kue,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono mengatakan pelatihan ini dilakukan dengan memanfaatkan potensi daerah sebagai bahan dasarnya. “Ini adalah salah satu upaya untuk menjadi wirausaha baru yang nantinya akan menambah pendapatan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan hidupnya,” katanya.

Sigit mengharapkan semoga hasil pelatihan ini bisa ditularkan kepada tetangga sekitar tempat tinggalnya. “Sehingga nantinya akan terus mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)