Rabu, September 19, 2018
Beranda > Pendidikan > Diskominfo Lepas Siswa SMK Al Falah Leces Jurusan Broadcasting Prakerin

Diskominfo Lepas Siswa SMK Al Falah Leces Jurusan Broadcasting Prakerin

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo melepas siswa-siswi SMK Al-Falah Kecamatan Leces untuk melaksanakan Tugas Praktek Kerja Industri (Prakerin), Senin (12/3/2018) di ruang pertemuan Diskominfo Kabupaten Probolinggo.

Selama dua bulan, sebanyak 46 siswa-siswi kelas XI jurusan Broadcasting ini rencananya ditugaskan di dua wilayah kecamatan yang memiliki potensi wisata alam dan budaya yaitu Kecamatan Lumbang dan Sukapura.

Kepala Bidang Infokom Publik Diskominfo Kabupaten Probolinggo Andjar Noermala mengemukakan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Pemkab Probolinggo terhadap salah satu lembaga pendidikan kejuruan swasta, dimana SMK Al-Falah adalah sekolah yang hadir khusus untuk menekuni bidang broadcast.

“Untuk mengawali, kami beri kesempatan kepada mereka untuk mengasah teknik audio visualnya dengan mengeksplor sisi lain pada wilayah Kabupaten Probolinggo yang kaya akan potensi wisata dan budayanya,” ungkap wanita energik ini.

Kepada siswa yang telah dibekali ilmu broadcast ini, Andjar berharap agar mereka mampu menghasilkan sebuah karya yang apik dan bermutu. Dengan itu, tentu akan menghasilkan double efek yang positif Bagi kedua belah pihak.

“Bagi wilayah yang ketempatan tentu akan mendapatkan kesempatan publikasi dan tambahan inventarisasi dokumen pada potensi yang dimilikinya. Dan tentu hal ini juga akan berdampak serupa pada SMK Al-Falah,” tandasnya.

Sementara Abdurahman, Kepala Jurusan Broadcast SMK Al-Falah mengemukakan, sebagai SMK perintis untuk jurusan Broadcast di Kabupaten dan Kota Probolinggo, sejak awal pihaknya telah menggandeng SMKN 3 Batu sebagai mentor dalam pembinaan dan pengelolaan SMK Broadcast ini.

“Kali ini merupakan lanjutan dari Prakerin yang telah kita laksanakan dua bulan sebelumnya di stasiun televisi MaduTV Kabupaten Tulungagung dengan didampingi pembina SMKN 3 Batu,” ungkap pria yang akrab disapa Pak Oman ini.

Oman berharap program ini turut memberikan sumbangsih terhadap Pemkab Probolinggo dalam penyediaan dokumentasi audio visual yang bermutu terkait profil kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Selama dua bulan ke depan target utama kami adalah untuk membuat selayang pandang atau profil Kecamatan Lumbang dan Sukapura. Kalau memungkinkan kami juga akan membuat film pendek,” jelasnya.

“Kami bangga atas kesempatan emas ini dan kami berharap tidak berhenti pada dua kecamatan saja, tapi bisa berlanjut di seluruh wilayah kecamatan se-Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (dra)