Rabu, September 19, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Diskan Gelar Bazar Olahan Hasil Perikanan

Diskan Gelar Bazar Olahan Hasil Perikanan

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dalam rangka mempromosikan produk olahan hasil perikanan, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menggelar Bazar Olahan Hasil Perikanan di halaman Kantor Kecamatan Dringu, Jum’at (14/9/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 hingga 11.00 WIB ini diikuti oleh 12 UKM pengolah hasil perikanan di Kabupaten Probolinggo. Produk yang ditampilkan meliputi sirup rumput laut, terasi udang instan, rengginang ikan, siomay jenggelek, sarden presto benggo, pizza tuna, rengginang udang, keripik wader, keripik udang, keripik teri, dendeng belanak, lele crispy, amplang ikan, sus ikan kering, otak-otak ikan laut dan lele goreng.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kasi Akses Pasar, Promosi dan Logistik Yasykur mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan para UKM. “Tujuannya adalah mempromosikan produk olahan hasil perikanan yang dihasilkan para UKM pengolah hasil perikanan di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Dalam bazar olahan perikanan yang dilaksanakan dalam kurun waktu hanya 4 (empat) jam itu, omset yang diperoleh per UKM berkitar antara Rp 400 ribu hingga Rp 600 ribu. Tidak hanya itu, produk yang ditampilkan juga ludes laris manis diborong oleh masyarakat.

“Melalui bazar olahan hasil perikanan ini diharapkan UKM pengolah hasil perikanan semakin maju dan berkembang yang pada gilirannya mampu menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan para UKM itu sendiri,” harapnya. (wan)