Kamis, Februari 21, 2019
Beranda > Kemasyarakatan > Diskan Fasilitasi Permodalan Bagi Pelaku Usaha Perikanan

Diskan Fasilitasi Permodalan Bagi Pelaku Usaha Perikanan

Reporter : Syamsul Akbar

KRAKSAAN – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo mengadakan kegiatan fasilitasi permodalan bagi pelaku usaha perikanan di Hotel Aliya Kraksaan, Rabu (20/9/2017). Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta dari Kecamatan Kraksaan, Besuk dan Paiton.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi tentang akses permodalan dan prosedur pengajuan kredit dari narasumber Manajer Bisnis Mikro BRI Cabang Probolinggo dan Pimpinan BNI Cabang Probolinggo.

Kasi Pembinaan Usaha dan Kelembagaan Diskan Kabupaten Probolinggo Fonny Sukma Apsari mengatakan bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 tahun 2015 tentang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pembudidaya Ikan Kecil, pemerintah dan pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya berkewajiban memfasilitasi pembiayaan dan permodalan bagi nelayan kecil dan pembudidaya ikan kecil.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan fasilitasi permodalan bagi pelaku usaha perikanan serta meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan pelaku usaha perikanan,” katanya.

Sementara Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi mengungkapkan kegiatan ini dilakukan karena selama ini para pelaku usaha perikanan sering mengeluhkan masalah permodalan. Demi menyikapi hal tersebut maka kelompok nelayan, pembudidaya, pengolah dan pemasar dipertemukan dengan pihak perbankan.

“Dengan demikian mereka yang selama ini kesulitan permodalan tahu bagaimana mendapatkan akses perkreditan terhadap perbankan sekaligus memahami cara membuat administrasi laporan keuangannya,” ungkapnya.

Menurut Dedy, usaha perikanan ini ke depan bisa semakin baik, tertata dan bisa mengembangkan usahanya lagi, dengan modal semakin besar agar usaha yang dijalankan semakin besar dan lancar.

“Harapannya usaha yang awalnya dilakukan secara berkelompok nantinya bisa menjadi usaha yang mandiri. Setidaknya nanti bisa membentuk UD (Usaha Dagang) dengan melakukan ijin ke notaris sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” harapnya. (wan)