Jumat, Agustus 17, 2018
Beranda > Kesehatan > Ciptakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat Melalui Bromo Go Healthy and Clean

Ciptakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat Melalui Bromo Go Healthy and Clean

Reporter : Mujiono
SUKAPURA – Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) menyelenggarakan acara bersih bersih bersama di kawasan wisata dan motivasi kesehatan ibu dan bayi yang dikemas dalam suatu wadah “Bromo Go Healthy and Clean,” Kamis (26/7/2018) di Rest Area Cemoro Lawang, Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan tersebut diawali dengan donor darah di Gedung Tourism Rest Area Cemoro Lawang dilanjutkan senam Hand Hygiene dari Rumah Sakit Rizani dan Rumah Sakit Waluyojati. Pada kegiatan yang sama, juga dilaksanakan kegiatan kampanye tentang sampah, pelatihan ecobrick dan kegiatan Sapu Gunung.

Bromo Go Healthy and Clean dihadiri oleh Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Sigit Soemarsono didampingi beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Probolinggo dan pimpinan PT. Paiton Energi, Forkopimka Sukapura, tokoh agama dan tokoh masyarakat Tengger.

Kegiatan Bromo Go Healthy and Clean mengajak masyarakat untuk peduli dengan hidup bersih dan sehat. Kawasan Bromo sebagai destinasi wisata patut menjadi sasaran utama menunjang perkembangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan destinasi wisata yang bersih akan semakin diminati para pengunjung baik lokal maupu manca negara.

Camat Sukapura Yulius Christian menyampaikan, Sukapura tidak salah menjadi Pilot Project. Kegiatan bersih bersih Rest Area Cemoro Lawang outputnya menjadikan lingkungan wisata yang bersih dan sehat dapat meningkatkan potensi wisata dan meningkatnya volume wisatawan yang datang menikmati wisata Bromo Tengger.

Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah menjelaskan, FKPS bekerjasama dengan OPD terkait mendorong masyarakat hidup yang sehat dan sejahtera. Terutama mengkontribusi status gizi remaja putri atau pra nikah menurunkan angka kematian Ibu (AKI) dan Angka kematian bayi (AKI).

“Yang kita hadapi setiap waktu adalah permasalahan sampah plastik. FKPS bekerjasama dengan OPD serta instansi terkait di Kabupaten Probolinggo memiliki program Ecobrick atau ekobrik. Program ekobrik nantinya dapat menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab pribadi dalam mengolah sampah terutama bagi peserta anak-anak dan remaja di wilayah Sukapura.

CSR PT. POMI – Paiton Energy Bambang Jiwantoro menjelaskan, program seperti ini harus kita dukung dan sebagai prioritas. Khusus ecobrick atau ekobrik merupakan suatu upaya konservasi terhadap kehidupan dan pusat peradaban. Sampah yang bisa menjadi sumber daya, seharusnya jadi tanggung jawab pribadi dan keluarga maupun masyarakat yang tidak menjadi persoalan publik.

Plh. Sekda Kabupaten Probolinggo Sigit Soemarsono menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo mendukung penuh kegiatan Bromo Go Green and Clean dan menjadikannya suatu indikator kesejahteraan masyarakat dan faktor penentu peningkatan angka harapan hidup. “Kegiatan ini merupakan momentum yang tepat untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan berpotensi,” terangnya.(y0n)