Kamis, Februari 21, 2019
Beranda > Pendidikan > Cheklist Kesiapan PAT, US, USBN dan UNBK Program Kesetaraan

Cheklist Kesiapan PAT, US, USBN dan UNBK Program Kesetaraan

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK
– Dalam rangka menyambut ujian yang sudah semakin dekat, Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo melakukan review dan cheklist kesiapan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT), Ujian Sekolah (US), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Program Kesetaraan Paket A, Paket B dan Paket C Tahun Pelajaran 2018/2019 di Kecamatan Besuk, Sabtu (9/2/2019).

“Hal ini dilakukan sebagai upaya maksimal persiapan dan saat terselenggaranya USBN bagi satuan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang menyelenggarakan US Paket A, UNBK Paket B dan Paket C di Kecamatan Besuk,” kata Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo

Saat ini Penilik Diktara tengah menyusun skedull dan langkah sebagai tindak lanjut dari hasil rapat di Dinas Pendidikan (Dispendik) dan rapat koordinasi (rakor) bersama satuan PKBM calon penyelenggara ujian di tahun 2019. Beberapa draft, rumusan, tahapan dan langkah-langkah yang harus disinergikan oleh Penilik Diktara kepada satuan PKBM dan tempat pelaksanaan UNBK bergabung dengan MA Bahrul Ulum Kecamatan Besuk.

Setidaknya ada 5 hal penting yang mesti dipahami dan dipastikan kesiapannya. Antara lain terus menelaah regulasi penyelenggaraan UNBK melalui kisi-kisi UNBK dan Pos UNBK yang diterbitkan oleh BSNP dan Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) RI, kesiapan para peserta US Paket A serta UNBK Paket B dan Paket C oleh satuan PKBM di wilayah Kecamatab Besuk, termasuk pengawas ruang.

“Selain itu, pembagian Rayon. Dimana Kecamatan Besuk masuk Rayon IV meliputi Kecamatan Kraksaan, Besuk, Pakuniran, Kotaanyar dan Paiton sesuai arahan dan penetapan oleh Dispendik Kabupaten Probolinggo. Jadwal pelaksanaan US untuk Paket A tanggal 6-9 April 2019, UNBK Paket C tanggal 13-16 April 2019 dan UNBK Paket B tanggal 11-13 Mei 2019. Pengumuman lulusan masing-masing untuk Paket C tanggal 13 Mei 2019, Paket B tanggal 29 Mei 2019 dan Paket A tanggal 13 Juni 2019,” terangnya.

Massajo berharap persiapan ujian ini lebih baik, pelaksanaan berjalan tertib dan lancar serta ikhtiarnya seluruh peserta bisa mengikuti ujian dengan memaksimalkan sehat, semangat dan sukses dengan capaian nilai memuaskan dengan endingnya dapat lulus 100%. Untuk Kecamatan Besuk peserta UNBK Paket B sebanyak 8 orang, Paket C sebanyak 48 orang dan US Paket A sebanyak 80 orang dari para peserta didik alumni program PASMA (Pasca Melek Aksara)

“Kami telah melaksanakan cek and ricek awal persiapan try out dan simulasi UNBK Paket B dan Paket C di satuan PKBM Insan Cendekia dengan telah dipasangnya media komputer sebanyak 18 unit,” pungkasnya. (wan)