Sabtu, Mei 26, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Bupati Tantri Hadiri Festival Kuliner Ikan Asap

Bupati Tantri Hadiri Festival Kuliner Ikan Asap

Reporter : Mujiono
GENDING – Untuk menjadikan salah satu sentra produk olahan hasil perikanan yang sudah menjadi khas tersendiri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Probolinggo Dinas Komunikasi,  Informatika,  Statistik dan Persandian bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Bromo menggelar festival kuliner ikan asap, Jum’at (9/2/2018) di wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending.

Festival ikan asap bertujuan untuk memperkenalkan hasil produk olahan hasil perikanan dan sekalugus menggelorakan masyarakat gemar makan ikan. Nantinya sentra produk ikan olahan akan ditempatkan di sebelah timur parkiran obyek wisata Pantai Bentar untuk mempermudah akses para pedagang menjual hasil ikan olahan berupa ikan asap.

Kegiatan ini diikuti oleh pedagang yang setiap harinya mencari nafkah dari keuntungan menjual ikan asap sebanyak 20 pengasap yang berasal dari Kecamatan Dringu meliputi Desa Randu Putih dan Tamansari.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono mengunjungi stand-stand pedagang ikan asap.Stand atau lokasi pedagang ikan asap dijadikan sebagai tempat kuliner olahan ikan asap produk hasil perikanan di Kabupaten Probolinggo sebagai kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Bupati Tantri saat mengunjungi stand memberikan informasi kepada pedagang untuk menjual hasil produk olahan ikan (ikan asap) di lokasi yang telah ditentukan yakni sebelah timur parkiran obyek wisata Pantai Bentar. Sebab Pemkab Probolinggo menyediakan lokasi sebagai kuliner ikan asap dan menjadikan salah satu tempat wisata kuliner bagi pengunjung wisata di Kabupaten Probilinggo khususnya.

“Semoga dengan tersedianya tempat wisata kuliner produk hasil perikanan (ikan asap) ini membawa manfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena, para pedagang yang berjualan di pinggir jalan itu sangat rawan kendaraan yang melintas dan dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan bagi para pedagang ikan asap,” ungkap Bupati Tantri.

Kegiatan ini merupakan inisiasi yang pertama sentra ikan asap yang berada di obyek wisata Pantai Bentar. “Dengan adanya sentra ini nantinya dapat mendorong dan mengangkat perekonomian khususnya bagi para nelayan di Kabupaten Probolinggo. Dengan tempat yang tersedia ini bisa mempermudah untuk mendapatkan keinginannya dalam membeli ikan asap,” pungkasnya. (y0n)