Beranda > Pendidikan > Berbagi Peduli dan Empati Bersama Komunitas Tuna Netra

Berbagi Peduli dan Empati Bersama Komunitas Tuna Netra

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Beragam cara dapat dilakukan untuk bisa berbagi kebahagiaan dan mendengarkan keluh kesah dari masyarakat yang mengalami keterbatasan fisik. Karena pada dasarnya keinginan dan cita-cita mereka tidak jauh berbeda.

Seperti yang dilakukan oleh Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo, Minggu(8/7/2018). Di tengah kesibukannya, Massajo menyempatkan diri untuk sejenak duduk bersama berbagi peduli, empati dan menyimak cerita bersama Komunitas Tuna Netra atau Persatuan Tuna Netra (Pertuni) Kabupaten Probolinggo dalam kegiatan halal bihalal di Dusun Plakpak Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan dialog singkat bersama Rizki selaku Ketua Pertuni Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang penyandang disabilitas. Halal bihalal dan silaturahim ini diadakan di kediaman Moh. Amsori yang juga vokalis Jamilah Hadrah Cahaya Rasul binaan dari Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo.

“Sambil menyimak cerita dan diskusinya, saya dapat melihat betapa semangat yang luar biasa untuk tetap eksis dalam beraktifitas positif dan semangat untuk berkumpul. Cara mereka berjalan bersama menuju masjid untuk sholat dhuhur, makan siang dan mengakhiri kegiatan,” kata Massajo.

Menurut Massajo, kondisi ini seakan bertolak belakang sangat jauh dengan pergaulan para anak-anak muda sekarang yang banyak menyimpang. “Sungguh iba rasanya bila menengok di sisi lain komunitas anak-anak remaja dan pemuda berfoya-foya dan berperilaku negatif. Dengan kesempurnaan fisik harusnya berbanding lurus dengan niat baik, syukur dan berakhlak mulia,” jelasnya.

Yang luar biasanya terang Massajo, mereka sangat semangat rutin bulanan hadir dalam setiap kegiatan yang lokasinya berpindah-pindah. Beberapa kegiatan mereka meliputi bidang sosial pendidikan dan keagamaan.

“Disini disediakan ruang belajar dan diklat Al Qura’n, pendidik SDLB, majelis dzikir dan sholawat nabi serta bhakti sosial dan mengisi acara di masyarakat dengan penuh dedikasi bersemangat dan murah senyum, soliditas dan solidaritas antar mereka tidak diragukan lagi, ” pungkasnya. (wan)