Sabtu, Mei 26, 2018
Beranda > Pemerintahan > Bakorwil V Jember Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Implementasi Sistem Resi Gudang

Bakorwil V Jember Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Implementasi Sistem Resi Gudang

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Dalam rangka sosialisasi Undang Undang No. 11 Tahun 2011 tentang Sistem Resi Gudang, Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorwil) V Jember menggelar Rapat Koordinasi Percepatan Implementasi Sistem Resi Gudang se Wilayah Kerja Bakorwil V Jember, Jum’at (11/5/2018) di Pendopo Kabupaten Probolinggo.

Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo, SH, M.Hum menjelaskan, percepatan implementasi Sistem Resi Gudang (SRG) di Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk memfasilitasi petani mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan menjaga stabilitas harga jual komoditas hasil panen petani, terutama komoditas kebutuhan pokok.

Kepala Bagian Penguatan dan Pemberdayaan Sistem Resi Gudang pada Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Yuli Edi Subagio menjelaskan, keseriusan menggarap Sistem Resi Gudang tidak hanya meningkatkan nilai jual komoditi petani saja, tapi juga dapat mendorong petani untuk bersikap dan bertindak sebagai seorang pebisnis.

Andi Adrian Hidayat dari Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur memaparkan, Perhutani sebagai BUMN yang diberi mandat untuk mengelola hutan negara dituntut untuk memberikan perhatian yang besar pada masalah sosial ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, pendekatan yang dilakukan dalam pengelolaan hutan harus memperhatikan keberlanjutan ekosistem hutan dan peduli dengan masyarakat miskin di sekitar hutan. Perhutani menyempurnakan sistem pengelolaan sumberdaya hutan dengan Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM).

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) Hayono Isman yang juga hadir pada acara tersebut mengapresiasi diselenggarakannya rakor yang membahas resi gudang itu. Ia berharap implementasi Sistem Resi Gudang dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi petani dan masyarakat pada umumnya.(y0n)