Rabu, September 19, 2018
Beranda > Pemerintahan > Bakorwil V Jember Gelar Rakor Rencana Kerjasama Pengembangan Layanan Pariwisata Pemkab/Pemkot se Jawa Timur

Bakorwil V Jember Gelar Rakor Rencana Kerjasama Pengembangan Layanan Pariwisata Pemkab/Pemkot se Jawa Timur

Reporter : Yono
SURABAYA – Bakorwil V Jember menginisiasi Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Rencana Kerjasama Pengembangan Layanan Pariwisata bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) /Pemerintah Kota (Pemkot) se wilayah kerja Bakorwil V Jember, bertempat di Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Rabu (11/06/2018) .

Dalam rakor ini dibahas beberapa kajian integrasi pengembangan kepariwisataan yang didukung penyediaan sarana transportasi dan perdagangan. Selain itu, juga didiskusikan rencana mewujudkan pasar berstandar nasional.

Kepala Bakorwil V Jember R. Tjahjo Widodo, bersama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur  Wahid Wahyudi, dan Walikota Probolinggo Hj. Rukmini menjadi narasumber utama dalam rakor ini.

Kepala Dinas Perhubungan Jatim Wahid Wahyudi mengatakan, mencermati potensi pariwisata yang strategis, rakor di wilayah kerja Bakorwil V Jember ini sangat penting karena tidak mungkin Kabupaten/Kota berdiri sendiri-sendiri, harus ada penyusunan grand design yang detail sampai rencana aksi yang dibahas bersama-sama.

Selain itu, Wahid mengabarkan sesaat lagi akan ada launching jalur pelayaran kapal cepat penumpang baru, Marina Srikandi, dengan jalur Pamekasan- Gili Ketapang –  Probolinggo – Pamekasan.

Walikota Probolinggo Hj. Rukmini mengatakan setiap tahun ada kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Probolinggo. Menyikapi kunjungan wisatawan manca negara ini, Pemkot Probolinggo telah menyiapkan program City Tour gratis dengan dua buah bus wisata dan beberapa becak wisata berbayar untuk mengunjungi Pasar Kronong.

Selain itu, telah rutin digelar even Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) sebagai salah satu pengembangan destinasi wisata, tanggal 26 Agustus – 4 September setiap tahun.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Timur melalui Kepala UPT  Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang – Lembaga Tembakau Jember Siti Andriati Widartien menerangkan, sertifikasi pasar ber-Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah pasar yang fisiknya sudah baik dan beberapa indikator mengacu SNI 8152 tahun 2015.

Rakor ini diakhiri dengan pembacaan berita acara kesepakatan bersama pengembangan kepariwisataan oleh Kepala Bakorwil V Jember, yang antara lain mengamanatkan kepada Kepala Bappeda Provinsi Jawa timur dan Kabupaten/Kota menyusun program pengembangan potensi wisata, perdagangan dan pasar ber-SNI.

Selain itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten/Kota menyusun grand design dan rencana aksi pengembangan pariwisata di wilayah kerja Bakorwil V Jember.(i0n)