Kamis, Februari 21, 2019
Beranda > Kemasyarakatan > Areal 343 Hektar, Produksi Tembakau Lokal Capai 154 Ton

Areal 343 Hektar, Produksi Tembakau Lokal Capai 154 Ton

Reporter : Syamsul Akbar
Sabtu, 01 April 2017
BANTARAN – Tembakau lokal yang dihasilkan di Kabupaten Probolinggo merupakan tembakau rakyat atau asli yang sudah beradaptasi lama. Sebagian besar diproses sebagai tembakau rajangan. Budidaya tembakau di Kabupaten Probolinggo sudah lama dilakukan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari melalui Kepala Bidang Perkebunan Wahyu Priyambodho mengungkapkan bahwa pada dekade tahun 1980-an sampai dengan saat ini terdapat 3 tipe tanaman tembakau lokal.

“Ketiga tipe tanaman tembakau lokal itu meliputi tembakau rajangan berwarna kuning sampai coklat (berkembang di tujuh kecamatan), tembakau kasturi yang dalam bentuk krosok (terdapat di Kecamatan Sukapura) dan tembakau susur berupa rajangan halus dan hitam (terdapat di Kecamatan Kuripan, Lumbang, Wonomerto dan Bantaran),” katanya.

Untuk tahun 2016 jelas Wahyu, dari keempat kecamatan luas areal tanaman tembakau lokal mencapai 343 hektar dengan total produksi 154,66 ton dan produktivitas rata-rata per hektar mencapai 0,45 ton. “Harga per kilogramnya saat ini mencapai Rp 110.000-120.000,” jelasnya.

Demi mendukung standarisasi kualitas bahan baku dan pasca panen tembakau terang Wahyu, maka Pemkab Probolinggo telah membuat program pemberian bantuan melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2016. “Bantuan yang diberikan meliputi bantuan pupuk non subsidi, bantuan cultivator, bantuan plastik dan kerudung serta bantuan pisau rajang tembakau dan terpal,” terangnya.

Disamping itu, pada tahun 2017 DKPP telah melakukan pembinaan petani tembakau lokal di 6 (enam) desa pada 4 kecamatan. Yakni, Poktan Putra Mandiri Desa Boto Kecamatan Lumbang, Poktan Suka Maju Lima Dusun Bukol Desa Wonorejo Kecamatan Wonomerto dan Poktan Abdi Tani Desa Menyono Kecamatan Kuripan.

Selain itu, Poktan Gunung Sari Tiga Desa Gunung Tugel Kecamatan Bantaran, Poktan Abdi Tani II Desa Bantaran Kecamatan Bantaran serta Poktan Tani Makmur III Desa Karanganyar Kecamatan Bantaran. (wan/why)