Rabu, November 21, 2018
Beranda > Pendidikan > Akhiri Pelatihan, Siswi SMA dan SMP Dharma Asih Pamerkan Hasil Karyanya

Akhiri Pelatihan, Siswi SMA dan SMP Dharma Asih Pamerkan Hasil Karyanya

Reporter : Hendra Trisianto

KRAKSAAN – Setelah sepuluh hari lamanya siswi SMA dan SMP Dharma Asih Kraksaan mendapatkan pelatihan Hiasan Dekorasi/Decoupage, hari ini Rabu (31/10/2018) siang, dengan bangga para siswi difabel ini memamerkan hasil karya mereka pada sebuah mini Galery Handicraft.

Kegiatan ini terangkai dalam Penutupan Pelatihan Hiasan Dekorasi /Decoupage
Pembinaan dan pelatihan Keterampilan Kerja bagi Perempuan Difabel, oleh
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo di aula SLB Dharma Asih Kraksaan.

Hadir dalam kegiatan tersebut dr. Anang Budi Yoelijanto Kepala Dinas DPPKB Kabupaten Probolinggo, Edi Suryanto Camat Kraksaan, Kepala SLB Dharma Asih Kraksaan Isa Abib Yakub serta diikuti oleh seluruh siswa peserta pelatihan didampingi para guru.

Dalam sambutannya dr. Anang mengemukakan program ini adalah sesuai dengan salah satu arahan Bupati Probolinggo dalam indikator kinerja yaitu mengangkat kemiskinan melalui peran gender di Kabupaten Probolinggo. Dalam hal ini melakukan Pemberdayaan kaum perempuan baik itu kondisi normal maupun berkebutuhan khusus.

“Dalam bulan ini sudah kami upayakan beberapa jenis pelatihan masyarakat di Kabupaten Probolinggo, tujuanya adalah meningkatkan kompetensi masyarakat agar kemudian berdaya guna, dengan harapan untuk sebisa mungkin mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo melalui peran serta Perempuan,” jelasnya.

Apa yang telah dilakukan DPPKB ini mendapatkan atensi dan apresiasi dari Edi Suryanto Camat Kraksaan, bagi pihaknya hasil karya para siswi Difabel ini menambah daftar kekayaan intelektual dan aset yang dimiliki kecamatan Kraksaan dan layak untuk di promosikan lebih lanjut.

“Pada prinsipnya program ini adalah salah satu wujud keberpihakan pemerintah kepada kaum perempuan dan membela kaum perempuan, khususnya yang berkebutuhan khusus seperti mereka. Agar kedepan mampu mandiri dan berperan dalam meningkatkan ekonomi kreatif di Kota Kraksaan,” tandasnya.

Sementara, Kepala SLB Dharma Asih Kraksaan Isa Abib Yakub menjelaskan melalui pelatihan keterampilan kerja seperti ini akan berdampak kepada peningkatan rasa percaya diri bagi anak – anak Difabel. Nantinya rasa percaya diri dan kemampuan lebih ini akan menjadi bekal hidup mandiri di tengah masyarakat.

“Kami berharap ada lagi pelatihan Keterampilan kerja lainnya yang bisa kami manfaatkan, serta adanya fasilitas promosi dan pemasaran terhadap produk kami ini,” harapnya.

Kegiatan hari itu ditutup dengan penyerahan tali asih kepada segenap pejabat yang hadir berupa karya handicraft dan penyerahan sertifikat pelatihan secara simbolis dari Kepala Dinas DPPKB kepada Putri Munawaroh, salah satu siswi SMA SLB Dharma Asih Kraksaan. (dra)