Rabu, Desember 12, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > Ajak Jagal Potong Ternak di RPH

Ajak Jagal Potong Ternak di RPH

Reporter : Syamsul Akbar
LECES – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo tidak henti-hentinya mengajak para jagal yang ada di wilayah Kecamatan Leces untuk selalu melakukan pemotongan ternak di Rumah Potong Hewan (RPH).

Ajakan ini disampaikan DPKH bersama KBO Kasat Binmas Polres Probolinggo Aipda Alim ketika melakukan pengawasan dan sosialisasi pengendalian pemotongan ternak ruminansia betina produktif kepada para jagal yang masih melakukan pemotongan ternak di luar RPH Leces, Kamis (6/12/2018).

Dasar hukum kegiatan Undang-undang (UU) Nomor 18 tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan hewan, pasal 18 ayat 2 yang menyebutkan ternak ruminansia betina produktif dilarang dipotong dan pasal 61 ayat 1 bahwa pemotongan hewan yang dagingnya diedarkan harus dilakukan di rumah potong hewan.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh Nikolas Nuryulianto mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai sarana silaturahim dengan para jagal Kecamatan Leces, khususnya yang masih memotong di luar RPH. “Harga daging sapi di Pasar Leces berkisar antara Rp 95.000 sampai Rp.100.000,” katanya.

Dengan silaturahim ini Niko mengharapkan nantinya bisa mempererat tali persaudaraan antara Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo dan para jagal. “Sehingga program pemerintah lebih mudah disampaikan dan dipahami oleh masyarakat, khususnya para jagal,” pungkasnya. (wan)