Jumat, Januari 18, 2019
Beranda > Pendidikan > 50 Siswa SMP dan SMA Ikuti Kelas Menulis

50 Siswa SMP dan SMA Ikuti Kelas Menulis

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN –  Sedikitnya 50 orang siswa tingkat SMP/MTs dan SMA di wilayah Kecamatan Kraksaan mengikuti kegiatan Kelas Menulis yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Komunitas Menulis (Komunlis) Probolinggo, Senin (30/7/2018).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Founder Komunlis Probolinggo Stebby Julionatan dengan materi Memperkuat Otot Menulis. Untuk saat ini, kegiatan Kelas Menulis ini fokus kepada tulisan cerpen.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Budi Purwanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, terutama di dunia tulis menulis. Peran dari Dispersip adalah memfasilitasi agar muncul penulis muda di Kabupaten Probolinggo.

“Untuk menjadi seorang penulis (yang hebat) pada prinsipnya sama seperti ketika kita ingin menjadi atlet. Tidak ada yang namanya karbitan. Semuanya butuh proses. Butuh mengisi asupan nutrisi yang tepat untuk tubuh. Sama halnya dengan menulis, kita butuh memperkuat otot menulis kita dengan melatihnya sejak dini,” katanya.

Menurut Budi, untuk semakin meningkatkan kemampuan menulis, nantinya akan dibuka forum-forum diskusi baik melalui grup WhatsApp (WA) atau forum-forum yang lain. Strategi ini dilakukan agar bisa menumbuhkan bibit penulis muda di Kabupaten Probolinggo. Sehingga nantinya diharapkan bisa menjadi penulis terkenal.

“Kami berharap agar kelas menulis ini bisa menjadi agenda rutin di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo. Selain itu, para alumni kelas menulis bisa menjadi tutor menulis disini. Ke depan kegiatan ini bisa menjadi salah satu daya ungkit untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke perpustakaan,” harapnya. (wan)