Senin, Oktober 15, 2018
Beranda > Pendidikan > 5.329 Siswa SMP Siap UNBK

5.329 Siswa SMP Siap UNBK

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP negeri/swasta di Kabupaten Probolinggo akan diikuti oleh 5.329 siswa. Mereka berasal dari 83 lembaga SMP negeri/swasta di Kabupaten Probolinggo. UNBK sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 26 April 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP Priyo Siswoyo mengungkapkan tahun ini ada 9.673 siswa dari 129 lembaga SMP yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN).

“Dari jumlah tersebut, yang mengikuti UNBK sebanyak 5.329 siswa dari 83 penyelenggaran UN SMP. Sisanya sebanyak 4.344 siswa akan mengikuti UNKP (Ujian Nasional Kertas Pensil). Selama 4 (empat) hari, para siswa SMP ini akan mengikuti UN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA, ” katanya.

Menurut Priyo, UNBK sendiri disarankan untuk dilaksanakan di semua lembaga SMP negeri/swasta di Kabupaten Probolinggo. Hanya saja hingga saat ini baru ada 83 lembaga SMP yang siap melaksanakan UNBK.

“Kendala utamanya lembaga belum bisa melaksanakan UNBK karena tidak adanya perangkat komputer, server serta jaringannya. Selain itu bagi yang ingin menumpang ke sekolah diatasnya jauh dari sekolah SMA/SMK. Kami secara bertahap akan memberikan bantuan peralatan kepada lembaga yang auh dari sekolah itu, ” jelasnya.

Untuk menghadapi UNBK tersebut Priyo, sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh Dispendik Kabupaten Probolinggo. Salah satunya dengan menggelar try out pertama, kedua dan ketiga. “Selain juga try out yang dilaksanakan oleh sekolah itu sendiri, ” tegasnya.

Lebih lanjut Priyo mengharapkan agar ke depan UNBK bisa lebih besar cakupannya. Karena memang sangat bagus, baik dari tingkat efisiensi anggaran, kejujuran dan mengikuti tuntutan kemajuan zaman.

“Hasil ujian UNBK ini akan menjadi tolak ukur untuk menilai sejauh mana tingkat pendidikan pembelajaran di sekolah. Mudah-mudahan pelaksanaan UNBK di Kabupaten Probolinggo bisa berjalan dengan sukses,” harapnya.

Sebelum mengikui UNBK dan UNKP, para siswa dan siswi tingkat SMP/MTs negeri/swasta di Kabupaten Probolinggo akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada tanggal 9 hingga 16 April 2018. (wan)