Rabu, September 19, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > 433 KPM di Kecamatan Kuripan Terima Bantuan Sosial Non Tunai

433 KPM di Kecamatan Kuripan Terima Bantuan Sosial Non Tunai

Reporter : Mujiono
KURIPAN – Berdasarkan hasil validasi Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2017 dan telah ditetapkannya nama-nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baru, telah dibagikannya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sekaligus penyaluran bantuan sosial non tunai bersama BNI 46, Selasa (13/3/2018) di Gedung Serba Guna Eks Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kuripan.

Sesuai program tahun 2018 ini seluruh kecamatan se-Kabupaten Probolinggo mendapatkan validasi. Dimana Selasa (13/3/2018) terdapat 3 (tiga) kecamatan yang dilaksanakan penyaluran bantuan sosial non tunai bersama BNI 46 diantaranya Kecamatan Kuripan, Sumber dan Bantaran.

Di Kecamatan Kuripan sendiri terdapat 7 (tujuh) desa yang menerima program ini meliputi Desa Menyono, Kedawung, Wringinanom, Wonoasri, Jatisari, Karangrejo dan Resongo dengan jumlah total penerima dana PKH sebanyak 433 KPM. Dana yang dicairkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo bekerjasama dengan BNI 46 untuk 7 (tujuh) desa se-Kecamatan Kuripan sebesar Rp 216.500.000,00.

Dalam pencairan PKH secara non tunai ini, tiap KPM menerima uang sebesar Rp. 500.000,00. Petugas dari Bank BNI 46 menyerahkan uang Rp 200.000,00. Sisanya Rp 300.000,00 tersimpan di ATM. Peserta bisa melakukan penarikan di ATM BNI 46 atau pada agen 46 di tiap-tiap desa.

Petugas Penyalur PKH dari BNI 46 Susiana menjelaskan tujuan kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar dalam menyukseskan program Kementerian Sosial 7(Kemensos) dengan program penyaluran bantuan non tunai. “Harapannya penyaluran tepat sasaran, aman dan masyarakat dapat mengenal perbankan,” katanya.

M. Salim salah satu pendamping PKH menyampaikan, proses penyaluran tunai beralih ke non tunai ini memiliki dampak positif. Selain meningkatkan pengetahuan dan SDM masyakat terhadap perkembangan teknologi, ATM yang dimiliki oleh penerima PKH ini bisa sebagai sarana yang aman untuk pengiriman dan menerima uang dari pihak lain (transaksi).

Dari 433 penerima PKH di Kecamatan Kuripan, PKH yang tersalurkan sebanyak 424 peserta dan 9 (sembilan) peserta yang belum tersalurkan. Untuk peserta PKH yang belum diambil karena berhalangan pada saat itu, bantuan sosial non tunai PKH bisa diambil di lokasi penyaluran PKH kecamatan terdekat dan peserta PKH harus bersama pendamping dalam melakukan pengambilan. (y0n)