Jumat, Januari 18, 2019
Beranda > Kemasyarakatan > 25 Ibu Rumah Tangga Ikuti Pelatihan Olahan Pangan lokal

25 Ibu Rumah Tangga Ikuti Pelatihan Olahan Pangan lokal

Reporter : Mujiono
KREJENGAN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo menggelar Pelatihan Olahan Pangan Lokal, Selasa (8/5/2018) di rumah Kepala Desa Opo Opo Kecamatan Krejengan. Kegiatan ini didanai melalui anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2018.

Anggaran DBHCHT yang diterima oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo yang terfokus pada Bidang Ketahanan Pangan sebesar Rp. 1.000.000.000,- salah satunya digunakan untuk kegiatan pelatihan olahan pangan lokal pembuatan kasava keju dengan bahan dasar singkong yang diikuti 25 peserta dari Desa Opo-Opo Kecamatan Krejengan.

Sedangkan Anggaran DBHCHT pada Bidang Ketahanan Pangan digunakan untuk kegiatan berupa pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi pelaku usaha pengolahan pangan lokal, bantuan sarana produksi bagi pelaku usaha pangan lokal dan juga digunakan kegiatan pelayanan kegiatan promotif masyarakat melalui bantuan pangan lokal untuk memenuhi gizi masyarakat.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Nanang S. Djatmiko menjelaskan, pelatihan ini membawa manfaat membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari hari. Ibu-ibu rumah tangga yang mendapat pelatihan ini diharapkan menjadi perempuan yang lebih produktif dalam mengolah pangan dan memiliki keterampilan dalam pembuatan makanan dengan bahan hasil pertanian lokal.

“Melalui pelatihan olahan pangan lokal ini, diharapkan para peserta kedepannya mampu menumbuhkan home industri rumahan yang membawa dampak positif meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Nanang.

Narasumber dari Koordinator PPL BPP Krejengan Eni Pudyastuti menyampaikan, kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa wirausaha para ibu ibu rumah tangga. Dilaksanakannya pelatihan olahan pangan bahan baku lokal juga sebagai ajang sosialisasi kemanan pangan yang terbebas dari kimia fisik dan biologi yang mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat.(y0n)