Kamis, November 15, 2018
Beranda > Kesehatan > 24 Orang Bidan Dikukuhkan Sebagai Bidan Delima

24 Orang Bidan Dikukuhkan Sebagai Bidan Delima

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Peringatan HUT ke-72 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang digelar oleh IBI Cabang Kabupaten Probolinggo di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Kamis (12/7/2018) terasa sangat berbeda dari biasanya. Pasalnya dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan launching dan pengukuhan Bidan Delima sejumlah 24 orang bidan di Kabupaten Probolinggo.

Pengukuhan Bidan Delima ini dipimpin oleh Pengurus Daerah IBI Provinsi Jawa Timur Rumenta Ningsih didampingi Ketua IBI Cabang Kabupaten Probolinggo Nuryati. Turut menyaksikan Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Administrasi Pemerintah dan Kesra Kabupaten Probolinggo Achmad Arif, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono, beberapa perwakilan organisasi profesi dan anggota IBI se-Kabupaten Probolinggo.

Ketua IBI Cabang Kabupaten Probolinggo Nuryati mengatakan berbagai tantangan ke depan yang dihadapi bidan baik dari dalam maupun dari luar organisasi antara lain jumlah anggota semakin bertambah dengan kualitas lulusan yang bervariasi. Perlu penanganan secara khusus dalam rangka menghadapi liberalisasi pelayanan kesehatan dalam era globalisasi.

“Untuk itu IBI perlu melakukan konsolidasi ke dalam dan advokasi ke semua stakeholder terkait untuk penguatan profesi dan menyiapkan anggota dalam menghadapi tantangan tersebut,” katanya.

Sementara Plt Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Probolinggo Achmad Arif mengungkapkan bidan yang merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan ibu dan bayi harus lebih peka dan aktif di masyarakat. Oleh karena itu bidan harus segera mengenali masalah-masalah kesehatan ibu dan anak.

“Disamping itu, bidan juga harus meningkatkan kompetensi melalui seminar, workshop maupun pelatihan untuk menghadapi tantangan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan sesuai standart. Salah satunya untuk meningkatkan kualitas pelayanan bidan adalah adanya Bidan Delima sebagai branded seorang bidan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Arif menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota IBI yang ada di Kabupaten Probolinggo. “Saya berharap IBI bisa meningkatkan kinerja serta kerja yang ikhlas, cerdas dan tuntas dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya,” harapnya. (wan)