Rabu, Desember 12, 2018
Beranda > Pendidikan > 158 Siswa SDN Kalianan 1 Terima Makanan Tambahan Produk Hasil Perikanan

158 Siswa SDN Kalianan 1 Terima Makanan Tambahan Produk Hasil Perikanan

Reporter : Syamsul Akbar
KRUCIL – Sedikitnya 158 siswa dan siswi SDN Kalianan 1 Kecamatan Krucil, Senin (24/9/2018) menerima makanan tambahan olahan produk hasil perikanan melalui program Gemakatulistiwa (Gerakan Makan Ikan di Lingkungan Sekolah Tingkat Siswa) dari Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo.

Tidak hanya sekedar menerima makanan tambahan saja, dalam kesempatan tersebut ratusan siswa ini juga mendapatkan materi tentang manfaat gemar makan ikan dan pentingnya gizi pada usia anak sekolah dari Diskan Kabupaten Probolinggo. Sekaligus edukasi Gemakatulistiwa (permainan ular tangga dan kuis seputar perikanan) dari Duta Gemarikan Provinsi Jawa Timur tahun 2017.

Selain siswa dan siswi, kegiatan pemberian makanan tambahan olahan produk hasil perikanan ini juga dihadiri oleh kepala sekolah dan jajaran SDN Kalianan 1 Kecamatan Krucil. Mereka sangat antusias mendengarkan materi yang diberikan oleh narasumber dari Diskan Kabupaten Probolinggo.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi mengatakan pemberian suplementasi gizi merupakan suatu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka mencukupi kekurangan kebutuhan gizi dari konsumsi makan harian yang berakibat pada timbulnya masalah kesehatan dan gizi pada kelompok rawan gizi.

“Melalui Gemakatulistiwa ini diharapkan bisa memotivasi guru dan siswa secara luas untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia yang sehat, cerdas dan kuat,” katanya.

Menurut Dedy, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan makanan tambahan berupa nasi kotak dan snack serta produk olahan hasil perikanan berupa abon ikan dan kerupuk ikan serta memberikan pembelajaran terkait pentingnya gizi pada anak usia sekolah dan mengenalkan program gemarikan kepada siswa SD, mengenalkan ikan sebagai hewan air serta ciri-ciri ikan.

“Selain itu memberikan pemahaman kepada siswa SD tentang kandungan gizi dan manfaat ikan untuk kesehatan, kekuatan dan kecerdasan, menanamkan minat pada siswa SD sejak dini untuk menyukai ikan sebagai makanan sehari-hari,” pungkasnya. (wan)