Kamis, November 15, 2018
Beranda > Kemasyarakatan > 125 Orang Siap Jalani Operasi Katarak

125 Orang Siap Jalani Operasi Katarak

Reporter : Mujiono
DRINGU – Selama 2 (dua) hari terhitung mulai Minggu dan Senin (1-2/7/2018) terdapat ribuan peserta yang mendaftar dan juga dilakukan memeriksaan mata oleh tenaga medis JFF (John Fawcett Foundation) Bali dalam bakti sosial yang digelar oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo di halaman Eks Kantor Bupati Probolinggo di Kecamatan Dringu.

Dari hasil pemeriksaan terdapat 125 orang peserta yang siap dioperasi oleh dokter spesialis mata Surabaya yang bekerjasama dengan JFF. Sementara target pemeriksaan yang telah ditentukan sebanyak 2.300 orang dan target operasi katarak hanya 200 orang.

“Kemampuan untuk pelaksanaan operasi dalam setiap hari sebanyak 50 orang peserta. Jika target yang ditentukan oleh JFF hingga melebihi 200 peserta, maka perlu dilakukan penjadwalan ulang oleh tim JFF dan penjadwalan ulang itu mendapat penanganan operasi selanjutnya atau dengan waktu yang ditentukan oleh JFF,” kata Ketua PMI Kabupaten Probolinggo Asy’ari.

Bakti sosial berupa operasi katarak dan pemeriksaan mata gratis ini dilakukan untuk membantu masyarakat dibidang sosial dan kemanusiaan khusunya kesehatan mata. Rencananya kegiatan ini akan dilakukan hingga Jum’at (6/7/2018) mendatang.

Kegiatan bakti sosial PMI Kabupaten Probolinggo dilakukan dengan prinsip kesemestaan (universal) menerima peserta dari berbagai daerah. Dimana untuk pelaksanaan screening dimulai pada hari minggu (1/7/2018) pukul 07.00 WIB. Sedangkan pelaksanaan operasi katarak dimulai hari Senin (2/7/2018) dan ditutup dengan kegiatan Post Op pada hari Jum’at (6/7/2018). (y0n)