Minggu, Juni 24, 2018
Beranda > Pendidikan > 120 Siswa SD dan SMP Ikuti Pondok Pesantren Ramadhan

120 Siswa SD dan SMP Ikuti Pondok Pesantren Ramadhan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 120 siswa SD dan SMP se-Kabupaten Probolinggo mengikuti kegiatan Pondok Pesantren Ramadhan 1439 Hijriyah yang digelar Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo di Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan, Selasa hingga Kamis (5-7/6/2018).

Kegiatan yang digelar bekerja sama dengan Takmir Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dispendik Kabupaten Probolinggo Sentot Dwi Hendriyono didampingi Kabid Pembinaan SD Fathur Rozi, Kabid Pembinaan SMP Priyo Siswoyo, Pengawas SD, Pengawas SMP, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan serta guru pendamping dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Selama mengikuti Pondok Pesantren Ramadhan, para siswa yang terdiri dari 60 siswa SD dan 60 siswa SMP ini diasramakan di Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan. Para peserta juga mendapatkan fasilitas makan-minum untuk sahur dan buka puasa serta perlengkapan sholat.

Kepala Bidang Pembinaan SD Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi menyampaikan bahwa kegiatan Pondok Pesantren Ramadhan ini mengharuskan pesertanya laki-laki beserta guru pendampingan untuk bermalam dan membersamai anak didiknya di Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan.

“Pondok Pesantren Ramadhan ini disamping materi tadarus dan tadabbur Quran, juga ada materi tartilul Qur’an, khitobah, lomba kaligrafi, puisi dan lomba bercerita. Diakhir kegiatan nantinya akan diadakan lomba dari 5 materi. Meliputi, Lomba Tartilul Quran, kaligrafi, khitobah (pidato), puisi bercerita,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Dispendik Kabupaten Probolinggo Sentot Dwi Hendriyono mengatakan Pondok Pesantren Ramadhan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak didik kepada Allah SWT selama bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah yang selanjutnya diimplementasikan dari kehidupan sehari-hari.

“Selain untuk meningkatkan wawasan anak didik dalam bidang pendidikan agama, Pondok Pesantren Ramadhan ini juga dimaksudkan untuk membina anak didik tentang akhlak dan berbagai bentuk praktik ibadah,” katanya.

Menurut Sentot, Pondok Pesantren Ramadhan ini merupakan aktivitas rutin yang diagendakan setiap bulan puasa. “Hal ini dimaksudkan untuk lebih mempertebal keimanan siswa serta menanamkan pendidikan karakter dan perilaku siswa agar sesuai dengan tuntunan agama,” pungkasnya. (wan)