Sunday, January 23, 2022
Depan > Kemasyarakatan > Metrologi Legal Lakukan Penapakan Cap Tanda Tera

Metrologi Legal Lakukan Penapakan Cap Tanda Tera

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai bentuk kesiapan dan dimulainya pelayanan tera bagi masyarakat, UPT Metrologi Legal pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo melakukan penapakan Cap Tanda Tera (CTT), Selasa (11/1/2022).

Penapakan CTT yang dilaksanakan di Kantor UPT Metrologi Legal di Desa Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan ini dipimpin oleh Plt Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Moh. Natsir didampingi Kepala UPT Metrologi Legal Diyah Setyo Rini dan Penera Ahli UPT Metrologi Legal Disperindag Kabupaten Probolinggo.

Plt Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mohammad Natsir mengatakan dengan diterimanya CTT dari Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI di Bandung, maka pelayanan tera tahun 2022 di Kabupaten Probolinggo sudah bisa dimulai.

“Harapannya di tahun 2022, pelayanan metrologi bisa dilakukan lebih luas kepada masyarakat di daerah terpencil seperti Desa Gili Ketapang yang masih belum terjangkau. Tahun ini pelayanan tera sudah masuk ke desa yang banyak UTTP (Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya),” katanya.

Sementara Kepala UPT Metrologi Legal Diyah Setyo Rini mengungkapkan CTT ini setiap tahun diganti kalau sudah selesai pada akhir tahun untuk dikembalikan ke Direktorat Metrologi Kemendag RI di Bandung. Selanjutnya akan mendapatkan CTT baru untuk tahun berikutnya. Jadi CTT itu merupakan alat yang ditapakkan di UTTP.

“Setelah kita mendapatkan CTT yang baru berarti sudah siap melaksanakan pelayanan tera di tahun ini. Ketika mendapatkan pertama CTT, kita harus membuat berita acara serah terima CTT yang dilengkapi dengan penapakan pertama CTT. Nantinya harus dikembalikan ke Direktorat Metrologi bahwa sudah ditapakkan dan hasil tapakannya sudah sesuai. Berikut berita acara sera,” ungkapnya.

Menurut Rini, tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Probolinggo mendapatkan CTT sebanyak 12 buah sebagai tanda sah tera meliputi Sah Logam (SL), Sah Kayu (SK) dan Sah Plombir (SP) yang masing-masing ditapakkan sesuai dengan bahan dari UTTP-nya. “Penapakan CTT ini menandai dimulainya pelayanan kemetrologian baik tera ulang maupun pengawasan di Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Rini mengharapkan penapakan CTT di tahun 2022 ini menjadi semangat baru dalam meningkatkan kinerja kemetrologian di Kabupaten Probolinggo. “Harapannya dapat memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo, khususnya untuk menjadi daerah tertib ukur secara legal dan sah,” pungkasnya. (wan)