Tuesday, February 27, 2024
Depan > Pemerintahan > Meski Libur dan Cuti Bersama, Disdukcapil Tetap Berikan Pelayanan Perekaman dan Cetak KTP El

Meski Libur dan Cuti Bersama, Disdukcapil Tetap Berikan Pelayanan Perekaman dan Cetak KTP El

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Meskipun libur dan cuti bersama, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Probolinggo tetap memberikan pelayanan perekaman dan cetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) pada Kamis hingga Minggu (8-11/2/2024).

Perekaman dan cetak KTP El dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 ini dilaksanakan di Kecamatan Tongas, Kraksaan, Maron dan Leces. Pelayanan inipun disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat yang biasanya harus bekerja pada saat hari aktif kerja.

Dari hasil pelayanan pada Kamis (8/2/2024) di Kantor Kecamatan Tongas, cetak KTP El sebanyak 191 orang dan rekam KTP El sebanyak 80 orang. Sementara para Jum’at (9/2/2024) di Kantor Kecamatan Kraksaan, cetak KTP El sebanyak 254 orang, perekaman KTP El sebanyak 171 orang dan rusak sebanyak 7 buah.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Probolinggo Munaris mengatakan pelayanan perekaman dan cetak KTP El pada waktu hari libur dan cuti bersama ini dilakukan untuk mendukung suksesnya pelaksanan Pemilu serentak tahun 2024.

“Untuk wilayah barat kita pusatkan di Kantor Kecamatan Tongas, wilayah timur di Kantor Kecamatan Kraksaan serta untuk wilayah Selatan kita pusatkan di Kantor Kecamatan Leces dan Maron,” katanya.

Dengan pelayanan sistem jemput bola pada hari libur dan cuti bersama ini jelas Munaris, Masyarakat sangat antusias karena mempermudah dan mendekatkan tempat pelayanan. “Pelayanan jemput bola ini kami berikan mulai pukul 8 pagi. Khusus di Kantor Kecamatan Kraksaan pelayanan selesai pada pukul 17.30 WIB sore karena banyaknya masyarakat yang antri,” jelasnya.

Munaris mengharapkan agar masyarakat yang sudah wajib KTP El segera melakukan perekaman KTP El sehingga dapat mengakses pelayanan publik lainnya. “Seperti mengurus Surat Ijin Mengemudi, BPJS Kesehatan, bantuan sosial dan pemberian suara saat Pemilu tahun 2024,” pungkasnya. (wan)