Sunday, September 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Meriahkan Hari Kartini, Pemdes Bhinor Gelar Fashion Show Kebaya

Meriahkan Hari Kartini, Pemdes Bhinor Gelar Fashion Show Kebaya

Reporter : Hendra Trisianto

PAITON – Meriahkan Hari Kartini, Pemerintah Desa Bhinor kecamatan Paiton menggelar lomba rias wajah dan fashion show Kebaya Kartinian, Minggu (28/04/2019) pagi, di sepanjang pantai wisata “Pasar Minggu Dewi Harmony” dusun Pesisir desa Bhinor.

Kegiatan bertema “Kartini Milenial Dewi Harmony” itu diikuti oleh ibu – ibu pengurus PKK dari 20 desa se – kecamatan Paiton. Hadir dalam kegiatan tersebut camat Paiton Robby Siswanto beserta Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan Paiton beserta Kepala Desa dan pengurus PKK se – kecamatan paiton.

Camat Paiton Robby Siswanto mengemukakan, para pengurus PKK diharapkan mendapatkan inspirasi dengan melihat langsung inovasi pembangunan ekonomi kreatif yang dilakukan oleh Pemdes Bhinor melalui peran serta Perempuan pada sektor wisata ini.

“Perempuan itu juga memiliki kemampuan besar dalam berkarya, jadi tidak hanya tinggal di rumah sebagai ibu rumah tangga saja, tetapi juga bisa mengembangkan dirinya untuk berkreasi dan berkreatifitas sehingga bisa membantu suami dalam menopang perekonomian keluarga,” kata Robby Siswanto dalam sambutannya.

Menurut Robby ada efek besar yang akan dirasakan masyarakat melalui inovasi semacam ini. Selain tercipta peluang – peluang usaha, adanya kegiatan – kegiatan kreatif dengan melibatkan kalangan masyarakat yang berbeda setiap minggunya maka kawasan wisata ini tentu semakin dikenal luas.

“Kami harap pengurus PKK desa lainnya juga mampu menciptakan Inovasi positif di desanya sesuai dengan karakteristik masing-masing, InsyaAllah kami bersama Pemerintah Desa akan mendukung sepenuh hati demi kemajuan desa – desa di kecamatan Paiton,” katanya.

Sementara kepala desa Bhinor Hostifawati sekaligus penggagas kawasan wisata berbasis ekonomi kreatif masyarakat “Pasar Minggu Harmony” ini mengemukakan, perempuan sejatinya juga bisa berperan penting sama dengan kaum laki – laki.

“Kami disini juga meneladani perjuangan seorang Raden Ajeng Kartini
sebagai pejuang emansipasi wanita di Indonesia. Sekalipun kita sudah merdeka kita wajib meneruskan perjuangannya agar senantiasa mengangkat martabat perempuan di mata dunia,” tandas alumni Universitas Muhammadiyah Probolinggo ini.

Pada kegiatan perlombaan tersebut panitia menyediakan hadiah menarik berupa uang Pembinaan untuk juara 1-3 pada masing-masing kategori. Pada kategori Fashion Show, juara 1 diraih Desa Sumberanyar, desa Sukodadi sebagai juara 2, dan desa Plampang meraih juara 3. Sedangkan untuk kategori lomba Merias Wajah, juara 1 disabet oleh Desa Sumberanyar, juara 2 diserahkan kepada desa Plampang, dan desa Karang Anyar berhak atas juara 3. (dra)