Friday, September 17, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Memasyarakatkan Donor Darah, Yayasan HATI Probolinggo Rutin Galang Donor Darah

Memasyarakatkan Donor Darah, Yayasan HATI Probolinggo Rutin Galang Donor Darah

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Setetes demi setetes darah sehat dari para dermawan darah mengalir ke dalam kantung-kantung darah yang disediakan oleh PMI Kabupaten Probolinggo. Sedikitnya 100 kantung darah yang diterima oleh PMI Kabupaten Probolinggo pada Kamis (26/8/2021).

Stok darah tersebut didapatkan dari aksi kemanusiaan penggalangan donor darah yang kali kedua dilaksanakan oleh Yayasan HATI Probolinggo di aula Bin Hasan Pondok Pesantren HATI Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan.

Jika aksi sebelumnya pada bulan Mei yang lalu dilaksanakan bertepatan dengan hari ulang tahun Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE, untuk kali ini aksi kemanusiaan ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke-6 Yayasan Pondok Pesantren HATI.

Dari total peserta donor yang hadir saat itu, diantaranya terdiri dari 50% masyarakat umum, 30% dari lingkungan Yayasan HATI dan 20% dari lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Sebelum melakukan donor darah, para calon pendoroh harus melakukan sejumlah screening awal yang dilakukan oleh petugas. Bagi yang dinyatakan memenuhi syarat, maka selanjutnya mereka antri untuk diambil darahnya oleh petugas dari PMI Kabupaten Probolinggo.

Dini, salah satu pengurus Yayasan HATI Probolinggo mengemukakan, aksi kemanusiaan donor darah sekaligus melanjutkan aksi sebelumnya yang diinisiasi oleh Bupati Tantri selaku Pembina Yayasan HATI pada tanggal 25 Mei lalu yang juga bertepatan dengan Hari Donor Darah se-Dunia.

“Kegiatan ini akan digelar secara rutin 3 kali dalam satu tahun. Donor darah kali ini merupakan tahap akhir untuk tahun 2021. Selanjutnya kami akan menggelar donor darah tahap pertama pada bulan Januari 2022 mendatang,” kata Dini.

“Tujuan utamanya adalah membudayakan donor darah di tengah masyarakat. Harapannya aksi ini dapat membantu PMI dan seluruh warga masyarakat, khususnya yang membutuhkan back up dari sektor kesehatan untuk meringankan dan membantu mereka menuju kesembuhan,” imbuhnya.

Senada hal tersebut dr. Dewi Vironica yang saat itu juga hadir untuk melakukan donor darah sangat mengapresiasi aksi ini. Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo ini menjelaskan bahwa selama pandemi Covid-19 ini, kebutuhan transfusi darah meningkat, sehingga tidak jarang kondisi lumbung darah PMI menipis.

“Hari ini saya juga terpanggil untuk berdonor, selaku tenaga kesehatan kami sangat bersyukur atas terselenggaranya aksi kemanusiaan donor darah secara rutin seperti ini. Hal ini menjadi motivasi bagi kita semua bahwa donor darah juga bisa menjadi budaya bagi masyarakat. Dengan berdonor kita semakin sehat dan bermanfaat bagi sesama,” pungkasnya. (dra)