Sunday, September 26, 2021
Depan > Kesehatan > Masyarakat Jangan Anti Terhadap Vaksin Covid-19

Masyarakat Jangan Anti Terhadap Vaksin Covid-19

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan uji klinik vaksin telah masuk tahap III. Uji klinik merupakan tahapan penting guna mendapatkan data efektivitas dan keamanan yang valid untuk mendukung proses registrasi vaksin Covid-19.

“Sejauh ini tidak ditemukan adanya reaksi yang berlebihan. Keamanan vaksin dipantau sejak awal, bahkan setelah vaksin teregistrasi, masih terus dipantau dan dikaji keamanannya,” katanya.

Menurut Dewi, vaksin merupakan produk biologis, maka dalam beberapa kondisi dapat menyebabkan nyeri, kemerahan, bengkak ditempat suntikan dan itu dalah hal alamiah dari vaksin. “Perlindungan pada pasien didapat 28 hari setelah dosis pertama dan 7 hari setelah penyuntikan kedua,” jelasnya.

Dewi meminta masyarakat agar jangan anti terhadap vaksin. Masyarakat banyak menerima informasi dari orang-orang yang kurang kompeten sehingga banyak salah faham. Yuuk, cari informasi dari organisasi profesi atau organisasi kesehatan yang terpercaya.

“Sebegitu ketat dan hati-hatinya proses pembuatan, pengajuan, pengkajian dan uji klinik vaksin Covid-19 ini. Mengapa harus ragu dan anti vaksin? Be smart ya, semoga masyarakat segera sehat, ekonomi segera bangkit. Semangat,” pungkasnya. (dra)