Saturday, July 24, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Masyarakat Harus Kooperatif Lapor Kedatangan Keluarganya

Masyarakat Harus Kooperatif Lapor Kedatangan Keluarganya

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto menyampaikan kalau mengharapkan untuk tidak bertambah mungkin sulit. Karena pemudik masih hadir dan masih datang. Yang diupayakan dari satgas adalah jangan sampai pemudik itu tidak terdeteksi oleh satgas.

“Diharapkan semua masyarakat itu sadar, kalau mereka langsung masuk tanpa karantina dan tanpa dilaporkan serta tanpa dirapid dulu, nanti ledakannya tidak karu-karuan. Tiba-tiba kita nanti nyatakan positif, kebelakangnya kontak-kontaknya dia kena semua nanti,” katanya, Kamis (7/5/2020).

Anang menerangkan nanti seminggu dua minggu kemudian muncul lagi kasus baru, padahal pihaknya sudah mengantisipasinya. Itulah yang menjadi masalahnya. “Harapan kita kedepan masyarakat untuk kooperatif untuk melaporkan kedatangan yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Terkait dengan himbauan agar tidak mudik bagi masyarakat, Anang menegaskan faktanya masih banyak yang mudik. Kalau orang Kabupaten Probolinggo ke luar harapannya tidak mudik. “Kita sudah menghimbau keluarga-keluarga yang mempunyai saudara di luar sana untuk menyarankan yang bersangkutan tidak mudik, cuma kita dihadapkan pada realitas,” terangnya.

Menurut Anang, mungkin para pekerja bukan mudik. Mudik itu bisa pekerja yang pulang kampung dan pekerja yang mereka sudah tidak ada pekerjaan dan harus pulang. Itu adalah situasi yang sulit. Kalau mereka mudik tidak mudik oke, tetapi yang bersangkutan sedang bekerja disana. Lebaran ingin pulang harapan satgas agar tidak pulang.

“Tapi kita masih menghadapi situasi-situasi ada pekerja migran yang mungkin disana sudah tidak dapat pekerjaan lagi, akhirnya dia disana tidak punya pekerjaan dan tidak bisa hidup sehingga dia harus pulang ke wilayah Kabupaten Probolinggo. Ini adalah pilihan yang tidak bisa kita tolak. Akhirnya kita harapkan masyarakat melaporkan kepada satgas,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal