Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Masuk Zona Merah, Desa Alaspandan Identifikasi Warga Dari Luar

Masuk Zona Merah, Desa Alaspandan Identifikasi Warga Dari Luar

Reporter : Syamsul Akbar
PAKUNIRAN – Saat ini Desa Alaspandan Kecamatan Pakuniran masuk dalam zona merah penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Hal ini menyusul setelah salah satu warganya terpapar positif COVID-19.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Desa Alaspandan Kecamatan Pakuniran melakukan sejumlah upaya penanganan dan pencegahan penularan COVID-19. Salah satunya dengan menerapkan check point dan penutupan ruas jalan di salah satu pintu masuk Desa Alaspandang Kecamatan Pakuniran.

Kepala Desa Alaspandan Binhaudi mengungkapkan penutupan jalan desa dan penerapan check point ini dilakukan dalam rangka supaya masyarakat lebih sportif dalam hal menangani dan mencegah COVID-19.

“Di sisi lain, kita mampu dan bisa untuk mengidentifikasi warga masyarakat yang datang dari luar sehingga kita bisa untuk melakukan sebuah tracking, barangkali ada warga yang kemudian terpapar mudah untuk mengidentifikasinya,” katanya.

Menurut Binhaudi, bagi mereka warga dari luar desanya memang sudah dilarang untuk masuk selama 24 jam dan warga kami yang tidak berkepentingan untuk keluar wilayah khususnya di zona merah ini dilarang keras atau paling tidak tetap berdiam diri di rumah. “Selain itu, warga harus terus membiasakan atau berkewajiban untuk menggunakan masker yang tujuannya untuk memutus mata rantai penularan COVID-19,” jelasnya.

Tidak hanya itu terang Binhaudi, khusus bagi para tengkulak atau wlijo sudah disiapkan stand agar supaya ada pembatasan berinteraksi dengan masyarakat. Di mana di stand-stand itu pun juga dibatasi untuk tempat berkumpulnya bagi mereka yang mau belanja untuk kepentingan kesehariannya.

“Selain itu pula, kami sudah menyiapkan sarana terkait dengan cuci tangan dan handsanitizer sudah kami lengkapi. Kami berharap agar upaya pencegahan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 di Desa Alaspandan bisa terlaksana sesuai dengan harapan bersama,” pungkasnya. (wan)