Monday, April 19, 2021
Depan > Kesehatan > Mandi Air Panas Tidak Akan Membantu Membunuh Virus COVID-19

Mandi Air Panas Tidak Akan Membantu Membunuh Virus COVID-19

Reporter : Wahed Efendi
KRAKSAAN – Pandemi COVID-19 memang menyebabkan kecemasan global, sehingga banyak informasi yang kurang tepat tersebar di media sosial (medsos), termasuk beberapa waktu ini adanya klaim yang menyatakan bahwa air panas dapat membunuh virus COVID-19.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan saat virus masuk ke dalam tubuh, reaksinya akan tergantung dari sistem kekebalan tubuh kita untuk membunuhnya.

“Mandi air panas atau minum minuman panas tidak akan membantu membunuh virus COVID-19 karena virus tersebut ada di dalam sel tubuh. Tubuhlah yang akan mengatur suhunya ketika mendapat serangan virus, bukan dari minuman panas atau mandi air panas,” katanya.

Menurut Dewi, belum ada cukup bukti yang menyatakan bahwa suhu tinggi, seperti mandi air hangat dapat membunuh virus COVID-19. “Meskipun minum minuman panas atau mandi air hangat sekalipun, tidak akan terlalu banyak merubah suhu di dalam tubuh kita,” tegasnya.

Beberapa waktu lalu jelas Dewi, memang ada satu studi yang menyatakan bahwa suhu lebih dari 56 derajat celcius dapat membunuh virus corona (penyakit SARS), tetapi logikanya, jika kita mandi dengan suhu 56 derajat maka kulit dapat melepuh dan menjadi tidak baik kan??

“Tidak bosan-bosannya kami Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo mengingatkan bahwa pencegahan terbaik dari virus COVID-19 yaitu dengan disiplin 3M. Jaga kesehatan, tetap semangat dan tetap bahagia,” pungkasnya. (hed)

cww trust seal