Tuesday, June 22, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > LPA-Forum Anak Gelar Permainan Tradisional Bersama

LPA-Forum Anak Gelar Permainan Tradisional Bersama

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dalam rangkaian memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Probolinggo dan Forum Anak Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan bertajuk satu hari bermain permainan tradisional bersama siswa dan siswi SDN Tegalrejo Kecamatan Dringu, Sabtu (24/8/2019).

Permainan tradisional yang dilakukan diantaranya egrang, lompat tali karet, dakon, bola bekel, bermain kelereng, gobag sodor, ular naga dan bermain air. Sasaran langsung adalah siswa dan guru (bermain bersama) serta sasaran tidak langsung adalah keluarga (menyediakan sebagian alat permainan) dan masyarakat.

Ketua LPA Kabupaten Probolinggo Rusdiono mengatakan kegiatan permainan tradisional bersama ini bertujuan untuk mengingatkan bahwa bermain adalah salah satu hak anak yang harus dipenuhi oleh keluarga, pemerintah dan masyarakat.

“Dengan permainan tradisional, selain murah juga tidak diperlukan tempat khusus, bisa di sekolah atau rumah dan lingkungan yang secara tidak langsung keluarga dan masysrakat ikut berperan,” katanya.

Selain kegiatan bermain permainan tradisional, dalam kesempatan tersebut juga diadakan nonton bareng (nobar) film anak dan kuis. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan alat permainan tradisional dari LPA kepada Kepala SDN Tegalrejo Kecamatan Dringu.

“Kegiatan ini diharapkan agar anak-anak tidak terpengaruh dengan tingkah laku yang negatif seperti tindak kekerasan, bullying, narkoba termasuk ngelim, kecanduan gadget dan lain-lain. Serta mengingatkan kembali aktivitas bermain anak yang harus dipenuhi oleh keluarga, pemerintah dan masyarakat,” harapnya. (wan)

cww trust seal