Friday, December 3, 2021
Depan > Kesehatan > Liburan Panjang Jangan Sampai Tingkatkan Risiko Penyebaran COVID-19

Liburan Panjang Jangan Sampai Tingkatkan Risiko Penyebaran COVID-19

Reporter : Wahed Efendi
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan semua orang harus memahami bahwa pada saat libur panjang akan terjadi peningkatan mobilitas atau pergerakan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan risiko penyebaran COVID-19.

“Faktor-faktor yang menyebabkan penularan meningkat saat libur panjang antara lain yaitu pertemuan indoor dan sirkulasi buruk, durasi berkumpulnya lama, jumlah orang banyak dan dari area yang berbeda, pelaksanaan protokol kesehatan yang kurang baik serta angka penularan COVID-19 di daerah asal dan tujuannya tinggi,” katanya.

Menurut Dewi, protokol kesehatan saat liburan seperti ini tetap wajib dipatuhi lho, pakai masker saat keluar rumah dan kontak dengan orang yang tidak serumah, jaga jarak 1-2 meter, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau handsanitizer dan tangan jangan menyentuh mata, hidung, mulut serta jangan kontak dengan orang yang sakit, jika didekat kita ada orang yang bersin atau batuk segera menjauh.

“Aktivitas-aktivitas yang merupakan risiko tinggi dapat terinfeksi COVID-19 antara lain pergi ke daerah dengan penularan COVID-19 yang tinggi, datang ke acara pesta pernikahan dan semacamnya, datang ke acara dimana massa berkumpul (konser, parade, dan lain-lain), berada di keramaian (nonton bioskop, makan di restoran, terminal bus/ stasiun, dan lain-lain),” jelasnya

Meskipun libur panjang jelas Dewi, tetapi di era COVID-19 ini sebaiknya kita menghindari dan meminimalisir keluar rumah, kecuali untuk keperluan yang benar-benar penting. “Liburan di rumah masih bisa tetap asik kok, lakukan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga serumah, misalnya berkebun, olahraga, nonton film bersama di televisi, dan lain-lain. Karena sejatinya kebahagiaan itu kita yang ciptakan,” terangnya.

Dewi mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama berusaha agar liburan panjang kali ini tidak akan menyebabkan peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia. “Patuhi protokol kesehatan 3M dimanapun kalian berada. Happy long weekend sahabat sehat,” pungkasnya. (hed)