Wednesday, June 16, 2021
Depan > Kesehatan > Lakukan Desinfeksi dan Cleaning, RSUD Waluyo Jati Stop Sementara Pelayanan Kesehatan

Lakukan Desinfeksi dan Cleaning, RSUD Waluyo Jati Stop Sementara Pelayanan Kesehatan

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Selama tiga hari kedepan, Rabu hingga Jum’at (19-21/8/2020) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waluyo Jati Kraksaan untuk sementara tidak dapat memberikan layanan kesehatan kepada publik.

Pasalnya saat ini salah satu rumah sakit rujukan di Kabupaten Probolinggo ini sedang melaksanakan desinfeksi dan cleaning besar atau menyeluruh pada seluruh ruangan dan instalasi kesehatan yang ada. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup untuk merampungkan seluruh prosesnya.

Hal ini diutarakan oleh Sugianto, Humas RSUD Waluyo Jati Kraksaan saat hari pertama pelaksanaan cleaning besar tersebut. Sugianto menjelaskan cleaning menyeluruh ini memang rutin dilaksanakan setiap bulan sekali, disamping cleaning rutin harian yang dilakukan oleh setiap unit internal setiap selesai melakukan tindakan medis.

“Selain untuk mengurangi resiko penyebaran COVID-19 di RSUD Waluyo Jati, upaya preventif ini juga untuk meningkatkan keamanan pelayanan kepada masyarakat sebagai pengguna jasa rumah sakit. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk melindungi pasien, keluarga pasien dan tenaga kesehatan terlebih di saat pandemi seperti ini,” jelas Sugianto, Rabu (19/8/2020) sore.

Sugianto menerangkan, proses pengerjaan cleaning ini menerjunkan sebanyak 34 orang personil yang berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Damkar/Linmas, Polri, TNI dan personil dari RSUD Waluyo Jati sendiri.

Kepada masyarakat yang sedang membutuhkan pelayanan kesehatan baik layanan IGD maupun Poli Klinik, Sugianto menyarankan untuk mendatangi rumah sakit terdekat lainnya. “Jangan khawatir semua rumah sakit sudah terkoordinasi dibawah supervisi Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo baik untuk pasien JKN, umum maupun dengan SPM yg ditanggung Pemerintah Daerah,” terangnya.

Lebih lanjut pihaknya juga berharap agar keterangannya ini sedapatnya menjadi informasi tunggal bagi masyarakat, agar berita yang beredar tidak simpang siur. “Hari Sabtu (22/8/2020) pukul 00.00 WIB RSUD Waluyo Jati sudah dapat memberikan pelayanan kesehatan seperti biasa. Mohon kepada masyarakat yang telah mengetahui informasi tersebut atau telah membaca pengumumannya agar dapat membantu menyampaikan kepada masyarakat lainnya,” pungkasnya.(dra)

cww trust seal