Sunday, September 19, 2021
Depan > Kesehatan > Labkesda Berikan Pelayanan Kesehatan Secara Maksimal Profesional Sepenuh Hati

Labkesda Berikan Pelayanan Kesehatan Secara Maksimal Profesional Sepenuh Hati

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Probolinggo merupakan pelayanan laboratorium dan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang diperlukan untuk menunjang upaya peningkatan kesehatan pencegahan dan pengobatan serta pemulihan kesehatan.

Berada di Jl. Mayjend Panjaitan Nomor 63 milik Pemerintah Kabupaten Probolinggo, UPT Labkesda merupakan laboratorium rujukan yang berkualitas untuk mendukung terwujudnya masyarakat sehat di Kabupaten Probolinggo maupun sekitarnya, melayani pemeriksaan kesehatan dengan baik dan profesional sesuai sarana dan prasarana yang tersedia.

UPT Labkesda Kabupaten Probolinggo dibentuk oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo berdasarkan Perbup (Peraturan Bupati) Nomor 80 Tahun 2018. Adapun dalam mewujudkan visi misi, UPT Labkesda Kabupaten Probolinggo bersinergi dan menjalin kemitraan dengan PDAM Kabupaten Probolinggo, PT ISS Paiton, BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan dan Puskesmas se-Kabupaten Probolinggo.

Kepala UPT Labkesda Kabupaten Probolinggo Khoirul Roziqin menyatakan UPT Labkesda Kabupaten Probolinggo menyediakan layanan dan fasilitas terpadu demi kemudahan, kepuasan dan kenyamanan pasien. “Jenis pelayanannya terbagi menjadi Layanan Laboratorium Lingkungan dan Layanan Laboratorium Klinik,” katanya.

Layanan Laboratorium Lingkungan diantaranya, pemeriksaan fisika dan kimia air terbatas, pemeriksaan microbiologi air (air minum dan air bersih), pemeriksaan microbiologi makanan dan pemeriksaan bahan tambahan makanan (formalin, bhorax, rhodamin B dan methanil yellow). Sedangkan Layanan Laboratorium Klinik meliputi pemeriksaan general chek up, pemeriksaan demam berdarah dan tipes, pemeriksaan tes golongan darah rhesus, pemeriksaan microbiologi, pemeriksaan tes kehamilan dan pemeriksaan tes imunologi-serologi.

“Fasilitas yang tersedia di UPT Labkesda meliputi resepsionis, ruang tunggu, ruang administrasi, ruang sampling, ruang ECG, Laboratorium Hematologi dan klinik, laboratorium microbiologi, laboratorium kimia air, pembuatan media, ruang sterilisasi dan ruang pengeraman,” jelasnya.

Salah satu pasien, Siswanto, mantan Lurah Kedopok setelah diperiksa kesehatannya mengaku bahwa UPT Labkesda Kabupaten Probolinggo memiliki kualitas dan pelayanan maksimal dengan sarana dan prasarana yang memadai. Dan hasil pemeriksaannya dapat diketahui dengan cepat tanpa menunggu berhari-hari. “UPT Labkesda Kabupaten Probolinggo telah memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dengan hasil yang memuaskan,” ujarnya.