Depan > Informasi Layak Anak > Kwarcab Pramuka Lakukan Seleksi Calon Peserta Jambore Nasional 2022

Kwarcab Pramuka Lakukan Seleksi Calon Peserta Jambore Nasional 2022

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo melakukan seleksi calon peserta Jambore Nasional tahun 2022 sebagai kontingen dari Kabupaten Probolinggo di Gedung Satria Guna Kantor Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, Rabu (20/4/2022).

Untuk Jambore Nasional tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Pramuka Cibubur, Jakarta tersebut Kabupaten Probolinggo mendapatkan kuota 1 regu pramuka penggalang putra dan 1 regu pramuka penggalang putri. Masing-masing regu beranggotakan 8 orang.

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Edy Junaedi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mencari dan memilih anggota pramuka penggalang di Kabupaten Probolinggo untuk menjadi peserta Jambore Nasional tahun 2022 mewakili kontingen Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu, seleksi ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan yang dimiliki oleh para calon peserta yang akan dijadikan sebagai peserta dalam Jambore Nasional tahun 2022,” kataya.

Kak Edy menjelaskan, untuk seleksi calon peserta Jambore Nasional 2022 ini diikuti oleh 24 anggota pramuka penggalang putra dan 24 anggota pramuka penggalang putri terbaik minimal tingkatan terap di masing-masing kwartir ranting (kwarran).

“Karena ke depan hasil seleksi calon peserta Jambore Nasional 2022 ini kita proyeksikan kepada pramuka Garuda. Oleh karena itu gradenya kita naikkan kepada golongan pramuka penggalang terap,” jelasnya.

Lebih lanjut Kak Edy menerangkan untuk kriteria penilaiannya meliputi persyaratan peserta sudah menempuh penggalang terap menjadi prioritas serta memiliki kecakapan khusus minimal 10 macam.

“Untuk penilaiannya difokuskan kepada talenta, PBB, pioneering atau tali temali, akademis, PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), kepribadian dan sikap. Tim penilai berasal dari pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. Untuk hasilnya, hari Senin sudah kita edarkan ke seluruh kwarran,” terangnya.

Kak Edy menegaskan sebelum berangkat ke Buperta Pramuka Cibubur Jakarta, peserta yang lolos seleksi akan mengikuti Training Center (TC) sebanyak 3 (tiga) kali pada bulan Juni dan Juli 2022 di Kantor Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. Satu kali TC akan dilakukan selama 2 hari dan bermalam.

“Fokus utama dari TC ini berupa pemantapan untuk menunjang kegiatan di Jambore Nasional 2022 mulai dari pemantapan materi, menyiapkan perlengkapan serta mematangkan kontingen kita sehingga sampai di lokasi Jambore Nasional betul-betul siap dan bisa langsung beradaptasi. Satu lagi tidak grogi ketika bertemu dengan peserta lain dari seluruh Indonesia,” tegasnya.

Menurut Kak Edy, seleksi ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan peserta Jambore Nasional tahun 2022 untuk Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo supaya menjadi pramuka yang betul-betul dapat diandalkan sebagai kontingen Kabupaten Probolinggo.

“Harapannya peserta yang lolos seleksi ini mampu mengikuti semua kegiatan Jambore Nasional tahun 2022. Selain itu bisa membentuk kerja sama tim yang awalnya berangkat dari kecamatan bisa menyatu dan menjadi satu kesatuan tim yang solid sebagai kontingen Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)