Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > KONI Gelar Rakor Persiapan Porkab Probolinggo Tahun 2021

KONI Gelar Rakor Persiapan Porkab Probolinggo Tahun 2021

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Untuk menyukseskan jalannya Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan pelaksanaan Porkab Probolinggo tahun 2021, Rabu (13/10/2021) di Peringgitan Rumah Dinas Bupati Probolinggo.

Rakor yang dipimpin oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo dan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono ini dihadiri oleh Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko didampingi Sekretaris Umum KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar bersama sejumlah pengurus KONI Kabupaten Probolinggo untuk membahas persiapan Porkab Probolinggo dalam situasi pandemi Covid-19.

Dalam menyukseskan jalannya Porkab Probolinggo dalam situasi pandemi Covid-19 ini memiliki banyak hal yang harus dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Yaitu penerapan protokol kesehatan secara ketat, pendaftaran dilakukan dengan sistem online dan dilakukan sinergitas dalam semua tahapan.

Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengungkapkan Porkab Probolinggo merupakan sebuah wadah dan sarana untuk rekruitmen dan identifikasi atlet berprestasi dari berbagai cabang olahraga, menyiapkan kontingen Kabupaten Probolinggo pada multi even Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Jawa Timur tahun 2022 dan terselenggaranya Porkab dengan baik dan lancar mampu mendorong prestasi atlet.

“Untuk konsep penyelenggaraan dan protokol kesehatan Porkab 2021, pada acara pembukaan dilakukan secara sederhana, menarik, tanpa penonton, undangan terbatas dan dilaksanakan menjelang pertandingan cabor pencak silat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan semua pertandingan dilaksanakan tanpa kehadiran penonton,” ujarnya.

Sugeng menerangkan dalam pelaksanaannya tersentralisasi di GOR Sasana Krida Kraksaan dan GOR Wijaya Maron, kecuali cabor sepakbola, atletik dan BMX di barat Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, cabor renang di Kolam Renang Jabung Paiton.

“Hanya atlet, official kontingen, VIP terbatas, wasit/juri, panitia pelaksana yang terdaftar dengan menggunakan ID Card. Setiap kontingen mendapat lima ID Card khusus dan penerapan protokol kesehatan sebelum, selama dan setelah pertandingan,” terangnya.

Kesimpulan dari usulan dan masukan paserta rakor yang diterima oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan semua jajaran Forkopimda telah mendukung dengan adanya penyelenggaraan Porkab Probolinggo dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Akses kehati-hatian haruslah dilakukan dengan baik menghindari terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

“Haruslah dilakukan komunikasi dengan baik pada pihak Satgas Pemerintah Provinsi Jawa Timur, program percepatan vaksinasi yang sudah dilakukan juga mendukung suksesnya pelaksanaan Porkab Probolinggo tahun 2021. Komunikasi dan koordinasi dengan Satgas Pemerintah Provinsi Jawa Timur harus berjalan dan kita tetap menunggu petunjuk dari Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur,” katanya. (y0n)