Thursday, July 29, 2021
Depan > Pemerintahan > KONI dan Unesa Teken MoU Pengembangan Olahraga dan Rekrutmen Atlit Berprestasi

KONI dan Unesa Teken MoU Pengembangan Olahraga dan Rekrutmen Atlit Berprestasi

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjalin kerja sama dalam pengembangan olahraga dan rekrutmen atlit berprestasi sebagai calon mahasiswa di bidang olahraga studi lanjut di D4 Kepelatihan Olahraga.

Penandatanganan (teken) nota kesepahaman dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding) tersebut dilakukan oleh Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko dan Direktur Program Vokasi Universitas Negeri Surabaya Dr. Martadi, M.Sn dalam kegiatan Rapat Kerja (Raker) KONI Kabupaten Probolinggo tahun 2021 di Gedung Joyolelono Kabupaten Probolinggo, Rabu (19/5/2021).

Nota kesepahaman ini berlaku sejak ditandatangani untuk jangka waktu 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan bersama. Tujuannya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, menggalang kerja sama di bidang pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta mendorong peningkatan kinerja dalam perannya untuk meningkatkan prestasi olahraga.

Raker yang mengambil tema “Sukses Prestasi Kabupaten Probolinggo pada Porprov VII – 2022 Jawa Timur” ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang pengurus KONI Kabupaten Probolinggo, 30 orang Pengurus Kabupaten (Pengkab) cabang olahraga (cabor), 14 undangan tehnical delegate cabor yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga (Porkab) 2021 serta beberapa undangan lainnya sebagai peninjau.

“Kegiatan ini bertujuan membahas dan memutuskan beberapa hal yang sangat penting terkait program kegiatan tahun berjalan, kepentingan organisasi dan segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan dan perkembangan prestasi anggota, sehingga forum Rakerkab ini merupakan rapat yang sangat strategis bagi KONI dan seluruh anggota untuk mendorong percepatan capaian prestasi di Porprov Jatim tahun 2022,” ujar Sekretaris Umum KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar.

Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengaku sangat bersyukur karena di tengah pandemi Covid-19 masih bisa menyelenggarakan Rakerkab dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Tahun ini kita diberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan Porkab. Ini merupakan amanah pertama kalinya penyelenggara Porkab diserahkan kepada KONI. Terima kasih atas kepercayaan ini dan mudah-mudahan mampu menyelenggarakan amanah ini dengan baik,” katanya.

Sugeng menerangkan pandemi Covid-19 membuat penyelenggaraan Porkab 2021 sedikit berbeda dari sebelumnya sehingga dibutuhkan beberapa persiapan yang sangat matang, termasuk rakor dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

“Porkab 2021 ini akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat mulai dari pendaftaran yang dilakukan secara online. Semoga Porkab 2021 sukses, selain sukses acara juga sukses prestasi. Melalui Porkab 2021, kita akan menjaring atlit berprestasi untuk bisa berlaga di Porprov 2022 yang akan digelar di Lumajang, Jember, Situbondo dan Bondowoso,” jelasnya.

Tidak lupa Sugeng juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim dari Unesa yang siap membimbing dan mengarahkan KONI Kabupaten Probolinggo untuk meraih prestasi yang lebih baik. “Mudah-mudahan niat yang baik ini bisa terlaksana dengan baik,” tegasnya.

Sementara Direktur Program Vokasi Universitas Negeri Surabaya Dr. Martadi, M.Sn mengaku sangat bangga karena diberikan kepercayaan untuk bermitra dengan KONI Kabupaten Probolinggo dengan harapan bisa mengemban amanah dengan sebaik-baiknya.

“Saat ini kita mendapatkan ujian pandemi Covid-19. Untuk mampu bertahan di masa pandemi Covid-19 ini ada 3 kunci yang harus dilakukan. Yakni, harus bisa beradaptasi secara aktif, berinovasi dan kolaborasi. Dengan kolaborasi hal yang sangat berat bisa kita carikan solusinya,” ungkapnya.

Menurut Martadi, Unesa sudah menduduki 19 perguruan tinggi terbaik dari 42 perguruan tinggi di Indonesia. Di Unesa salah satu keunggulannya adalah bidang olahraga, pendidikan berkebutuhan khusus serta seni dan budaya.

“Untuk bidang olahraga Unesa mempunyai jaringan yang cukup mumpuni, silahkan dimanfaatkan agar bisa diakses oleh KONI Kabupaten Probolinggo. Bagi atlit yang berprestasi di bidang olahraga bisa masuk melalui jalur khusus. Harapan kami MoU ini bukan tujuan akhir tapi pintu awal. Dengan pintu awal ini mohon untuk merancang program jangka pendek dan panjangnya,” terangnya.

Sedangkan Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengaku bahwa pelaksanaan Porkab 2021 ini harus melalui proses yang sangat panjang sekali. Mulai dari rapat persiapan berulang kali dan paparan dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dengan catatan tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

“Ini merupakan kegiatan akbar pertama Disporaparbud di masa pandemi Covid-19. Kalau jnj sukses, maka ini akan menjadi role model kegiatan-kegiatan yang lainnya. Ini awal untuk meyakinkan masyarakat bahwa di tengah-tengah pandemi Covid-19 bisa melaksanakan kegiatan. Kita tidak boleh tidur terlalu lama karena olahraga itu dinamis,” katanya.

Menurut Sugeng, pengembangan olahraga tidak cukup hanya dengan otot saja, tetapi juga kemampuan SDM. Sehingga sangat relevan jika KON menggandeng Unesa bagaimana menyiapkan atlit berprestasi sejak dini. Atlit ini SDM-nya harus ditingkatkan dan atlit berprestasi harus difasilitasi untuk mendorong ke jenjang yang lebih tjnggi.

“Selain Porkab 2021, tugas KONI adalah mempersiapkan Porprov 2022. Harapan kita tahun 2024 mendatang kita mampu menjadi tuan rumah Porprov. Oleh karena itu bagaimana mulai saat ini menyiapkan atlit dan sarprasnya dengan baik. Oleh karena itu bisa menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak. Sehingga tahun 2024 sukses kegiatan dan sukses prestasi,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal