Thursday, June 17, 2021
Depan > Kesehatan > Komorbid Merupakan Kondisi Medis Didapatkan Bersamaan Dengan Infeksi Covid-19

Komorbid Merupakan Kondisi Medis Didapatkan Bersamaan Dengan Infeksi Covid-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Komorbid/penyakit penyerta adalah suatu kondisi medis tertentu yang didapatkan bersamaan dengan infeksi Covid-19. Dalam hal ini adalah penyakit kronis yang sudah dimiliki sebelumnya atau baru terdeteksi saat ini karena tidak terdeteksi, gejalanya tidak berat sehingga tidak pernah berobat.

“Lima penyakit komorbid terbanyak pada pasien Covid-19 diantaranya hipertensi, diabetus melitus, penyakit jantung, penyakit ginjal dan penyakit paru,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Menurut Dewi, semua orang berisiko sama untuk terinfeksi Covid-19, virus tersebut tidak pilih-pilih mau menginfeksi siapa. Dan risiko infeksi dapat diperkecil dengan menerapkan protokol kesehatan (3M).

“Pada orang yang memiliki komorbid dan komorbidnya tidak terkontrol, jika terinfeksi Covid-19, maka risikonya akan mengalami gejala yang lebih berat. Tapi tetap tenang, teruskan pengobatan untuk pengendalian penyakit komorbidnya, jaga kesehatan,” jelasnya.

Pasien Covid-19 dengan komorbid, tidak disarankan untuk isolasi mandiri di rumah. Karena pasien tersebut membutuhkan perawatan dan pengawasan ketat dari tenaga medis karena risiko progresif ke kondisi berat sangat tinggi. “Penyakit penyerta tidak saja tergantung usia, banyak komorbid yang tidak terdeteksi karena sebagian besar tidak menmbulkan gejala,” terangnya.

Dewi menerangkan beberapa cara agar orang dengan komorbid terhindar dari infeksi Covid-19 diantaranya tidak keluar rumah jika tidak terpaksa. Tetap kontrol rutin ke dokter. Lakukan protokol kesehatan ketat.

“Selanjutnya, jangan takut ke dokter jika badan sudah mulai merasakan gejala. Check up rutin bila ada keluarga yang memiliki komorbid. Manajemen stres yang baik. Istirahat dan cukup tidur,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal