Tuesday, October 26, 2021
Depan > Kesehatan > Kombinasikan Tiap Protokol Kesehatan Untuk Lindungi Diri dan Lingkungan Kita

Kombinasikan Tiap Protokol Kesehatan Untuk Lindungi Diri dan Lingkungan Kita

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan metode pencegahan tunggal memang belum ada yang 100% efektif dalam mengatasi Covid-19.

“Tes cepat memadai, tracing, membersihkan permukaan benda, ventilasi, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, semua itu merupakan metode-metode pencegahan yang memiliki kekurangan masing-masing, sehingga setiap lapis metode pencegahan diperlukan untuk meminimalisir risiko terinfeksi Covid-19,” katanya.

Menurut Dewi, masker kain, efektifitasnya 60-80% melindungi dari droplet (Fischer& Stut, 2020), masker kain 3 lapis kemampuan filtrasi minimal 70% (WHO, 2020), jaga jarak lebih dari 1 meter mengurangi risiko tertular Covid-19 5 kali lebih rendah (Chu,2020) serta cuci tangan dengan alkohol 80% dapat membunuh virus penyebab Covid-19 dalam 15 detik (Hirose& Dehbandi, 2020).

“Hasil dari penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa setiap metode pencegahan belum ada yang 100% efektif, sehingga jika tiap protokol kesehatan tersebut dikombinasikan maka akan semakin melindungi diri dan lingkungan kita dari virus Covid19 dan semakin kecil peluang virus Covid-19 mendekati kita,” jelasnya.

Dewi menambahkan menerapkan protokol kesehatan ibaratnya sama seperti memakai baju. Jika penerapannya tidak sempurna sama seperti memakai baju berlubang, jika tidak menerapkan sama sekali sama seperti telanjang. “Tinggal kita mau pilih yang mana. Be smart, be safe and healthy,” pungkasnya. (dra)