Monday, April 19, 2021
Depan > Pemerintahan > Kobarkan Semangat Patriotisme Melalui Selebrasi Merah Putih

Kobarkan Semangat Patriotisme Melalui Selebrasi Merah Putih

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Untuk mewarnai semangat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI, segenap ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melakukan selebrasi dengan membentangkan bendera merah putih raksasa berukuran 30 X 5 meter dan pelepasan balon merah putih ke udara, selepas upacara dan pengibaran bendera merah putih di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo, Senin (17/8/2020) pagi.

Aksi sebagai upaya untuk mendongkrak semangat patriotisme ini digawangi oleh Tim Laskar Merah Putih dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo. Suasana pembentangan terasa semakin heroik dengan alunan rancak marching band Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo yang saat itu membawakan lagu nasional “Hari Merdeka”.

Tak ketinggalan saat itu Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE bersama Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko dan diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono beserta seluruh undangan juga turut bergabung untuk memberikan semangat dengan pekik “merdeka”.

Bupati Tantri mengatakan selebrasi kemerdekaan ini selain untuk mewarnai semangat peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI juga sebagai salah satu wujud rasa syukur atas anugerah kemerdekaan. Meskipun hanya diikuti oleh sedikit orang, namun tidak mengurangi semangat dan kemeriahan peringatan HUT RI kali ini.

“Selebrasi merah putih sebagai simbol semangat dalam berjuang bersama-sama mewujudkan cita-cita bangsa. Tentu hal ini bisa meningkatkan jiwa nasionalisme dan semangat juang untuk tetap semangat dalam mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya serta mampu untuk menghadapi pandemi COVID-19,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengemukakan, selain kegiatan selebrasi, sembari menunggu pelaksanaan peringatan detik-detik proklamasi secara virtual pihaknya juga menyelenggarakan lomba tradisional sederhana berupa sepeda lambat dan sepeda kelereng.

Untuk masyarakat Kabupaten Probolinggo lanjut Yulius Christian, pihaknya juga mengadakan lomba foto dan video bertema selebrasi merah putih melalui akun media sosial endless Probolinggo sampai besok tanggal 19 Agustus 2020.

“Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI kali ini tetap bisa kita laksanakan dengan penerapan protokol kesehatan dan tetap meriah. Tujuannya adalah mengajak kita semua agar tetap optimis menghadapi kondisi di tengah pandemi COVID-19,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal