Sunday, June 13, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > KKKS Berikan Bantuan Biaya Sekolah Bagi Anak Putus Sekolah

KKKS Berikan Bantuan Biaya Sekolah Bagi Anak Putus Sekolah

Reporter : Mujiono
SUMBER – Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi dan memberikan bantuan tambahan biaya pendidikan bagi anak putus sekolah wajib belajar 9 (sembilan) tahun, Selasa (15/10/2019) di Kantor Kecamatan Sumber.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua 1 KKKS Kabupaten Probolinggo Hj. Sudjilawati Soeparwiyono beserta pengurus berkomitmen menyukseskan program pendidikan 9 (sembilan) tahun dan program pendidikan 12 tahun di Kabupaten Probolinggo.

Pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Sumber (TKSK) Zainal Arifin mengatakan terdapat 9 (sembilan) orang penerima yang bekesempatan menerima bantuan biaya pendidikan bagi anak putus sekolah yang berasal dari Dusun Tempuran Desa Sumber dan Dusun Bandungan Desa Tukul Kecamatan Sumber.

Sementara Ketua Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kabupaten Probolinggo Joko Siswantoro mengatakan anak yang putus sekolah berkesempatan untuk bersekolah lagi melalui proses kejar paket. Anak yang putus sekolah memiliki dampak yang tidak baik untuk masa depannya. Untuk meningkatkan kehidupan masyarakat yang lebih baik dimasa depannya, anak haruslah bersekolah hingga 12 tahun.

“Anak putus sekolah disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah kurangnya dukungan orang tua, keadaan ekonomi dan pengaruh lingkungan. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi anak-anak tidak bersekolah atau putus sekolah disebabkan karena biaya sekolah. Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah berupaya membantu dan mendukung anak-anak di Kabupaten Probolinggo selalu bersekolah dan mencetak anak-anak yang cerdas,” katanya.

Sedangkan Ketua 1 KKKS Kabupaten Probolinggo Hj. Sudjilawati Soeparwiyono mengemukakan peran orang tua sangat penting untuk keberhasilan masa depan anak. Orang tua harus memberikan support pada anak-anaknya untuk bersekolah hingga 12 tahun. Seorang anak itu sendiri sebagai tumpuan untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik kedepannya.

“Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui KKKS berkomitmen menangani anak-anak yang putus sekolah. Salah satunya dengan memberikan bantuan sosial berupa biaya sekolah bagi anak-anak yang tidak mampu dan putus sekolah. Semoga bantuan ini bermanfaat dan membantu anak-anak bersemangat untuk bersekolah,” harapnya. (y0n)

cww trust seal