Depan > Pendidikan > Kepala Sekolah Harus Jalankan Tugas dengan Penuh Dedikasi dan Integritas

Kepala Sekolah Harus Jalankan Tugas dengan Penuh Dedikasi dan Integritas

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Kepala sekolah merupakan sebuah amanah dan tugas sebagai aparatur Negara. Sebagai abdi Negara, seorang kepala sekolah harus selalu siap menerima tugas dimanapun dan mengerjakan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kecamatan Kraksaan Sofiah Hastuti dalam serah terima jabatan kepala sekolah yang mutasi dan perpisahan kepala sekolah yang purna tugas di lingkungan Korwil Bidang Dikbud Kecamatan Kraksaan di Resto & Café Pantai Bohay Desa Bhinor Kecamatan Paiton, Senin (1/8/2022).

“Kita menyandang tugas sebagai aparatur negara. Apapun tugas kita, tugas harus dijalankan dengan penuh dedikasi dan integritas. Saya percaya kita semua bisa melakukan itu kalau punya keyakinan. I have faith in you, have faith in your team,” katanya.

Sofiah menerangkan jika ingin berjalan cepat, jalanlah sendiri. Tetapi jika ingin berjalan jauh, jalanlah bersama-sama. “Kita bukan saja ingin jalan cepat dan jauh sekaligus, tapi menghendaki kita jalan cepat dan jauh. Keadaan menuntut kita untuk berjalan lebih cepat dan lebih jauh,” jelasnya.

Oleh karena itu terang Sofiah, koordinasi, komunikasi, soliditas, sinergi dan inovasi menjadi kunci agar kita bisa berjalan lebih cepat dan sekaligus lebih jauh. “Dalam mengawal satuan pendidikan kita harus totalitas, bekerja dengan hati, bergerak dan menggerakkan seluruh komponen yang ada,” terangnya.

Lebih lanjut Sofiah menjelaskan bahwa kondisi saat ini di wilayah Kecamatan Kraksaan terdapat 9 (sembilan) SD Negeri dari 28 SD Negeri yang tidak ada kepala sekolah difinitif. Yakni, SDN Semampir 2, SDN Kregenan 1, SDN Kregenan 2, SDN Kandangjati Kulon 2, SDN Kandangjati Wetan, SDN Alassumur Kulon 2, SDN Asembakor 1, SDN Asembakor 2 dan SDN Tamansari.

“Untuk mengisi kekosongan ini otomatis dirangkap oleh kepala sekolah lain. Tentunya kepala sekolah yang mampu dalam mengawal pelaksanaan operasional sekolah dan mengelola manajemen dengan baik,” tegasnya.

Sofiah meminta agar kepala sekolah selalu menjalin koordinasi, komunikasi dan sinergi dengan pendidik, tenaga kependidikan, komite atau stakeholder yang ada. Dan tentunya dengan kondisi saat ini kita harus tetap optimis untuk mengawal siswa menuju Profil Pelajar Pancasila.

“Selamat bekerja dan tetap semangat menghadapi tantangan yang ada. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa memberi kita kekuatan lahir batin untuk memberikan yang terbaik pada bangsa dan Negara,” tegasnya.

Dalam sertijab ini terdapat 14 kepala sekolah yang akan memulai tugas di tempat yang baru. Serta ada 4 kepala sekolah di wilayah Kecamatan Kraksaan yang sudah purna tugas. (wan)