Wednesday, December 1, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Kemenag Berupaya Tekan Angka Pernikahan Dibawah Umur

Kemenag Berupaya Tekan Angka Pernikahan Dibawah Umur

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo terus berupaya untuk menekan angka pernikahan dibawah umur di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya dengan memberikan bimbingan perkawinan pra nikah bagi remaja usia nikah di MA Darul Lughah wal Karomah Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan, Senin (14/10/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang dari siswi Madrasah Aliyah (MA) Putri Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi kebijakan pelaksanaan bimbingan perkawinan oleh Santoso, keluarga sakinah dan memperkokoh pondasi hubungan rumah tangga oleh Moh. Barzan serta memenuhi kebutuhan keluarga oleh Mad Shodiq.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Santoso mengungkapkan kegiatan ini semacam ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada remaja akan pentingnya kesiapan lahir batin menuju jenjang pernikahan serta meningkatkan kualitas mental yang kokoh generasi muda untuk membangun keluarga sakinah.

“Harapannya kegiatan ini mampu menekan angka pernikahan dibawah umur sekaligus mampu menekan angka perceraian di Kabupaten Probolinggo. Sebab, perceraian ini terjadi salah satunya disebabkan oleh belum siapnya mereka berumah tangga karena menikah dibawah umur,” ungkapnya.

Santoso menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan pelaksanaan program kegiatan Seksi Bimbingan Islam dan peran serta universitas untuk memberikan bimbingan perkawinan pra nikah sebagai bekal membangun rumah tangga yang kokoh untuk mengurangi angka perceraian.

“Mudah-mudahan kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas generasi muda dalam persiapan membangun rumah tangga yang sakinah mawaddah warohmah serta mempunyai pondasi yang kuat untuk membangun keluarga yang kokoh,” harapnya. (wan)