Saturday, July 24, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Kembangkan Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Kembangkan Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Perpustakaan Kabupaten Probolinggo tidak lagi hanya menjadi tempat baca namun telah bertransformasi menjadi pusat belajar dan berkegiatan masyarakat.

Kegiatannya pun tidak lagi hanya sekedar meminjamkan dan mengembalikan buku saja. Saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo telah mengembangkan layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Perpustakaan menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk berkegiatan dan melakukan edukasi,” kata Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti melalui Pustakawan Hesthiyono Suko Adhi

Seperti halnya Sabtu (16/3/2019). Terlihat beberapa orang dari relawan nusantara Probolinggo melakukan orientasi bagi anggota barunya di perpustakaan.

“Fasilitas BI Corner mereka gunakan untuk mencari informasi terkait materi yang digunakan untuk orientasi,” jelas Hesthi.

Ika Febrianti, Ketua Relawan Nusantara Cabang Probolinggo mengatakan perpustakaan dipilih karena tempatnya yang nyaman dan saat ini perpustakaan terbuka bagi masyarakat umum untuk berkegiatan.

Ada sekitar 10 orang yang mengikuti kegiatan orientasi. Ika berharap dirinya bisa berkegiatan di perpustakaan untuk waktu-waktu yang akan datang. (wan)

cww trust seal